12 Rahasia Memulai Usaha yang Harus Diketahui Pengusaha Pemula
May 18, 2018
5 Cara Ajaib Memikat Hati Pelanggan di Bulan Ramadhan Hingga Lebaran
May 25, 2018

6 Cara Jitu Membuat Bisnis Online Kamu Berkembang

Perkembangan teknologi dan kemudahan akses internet membuat masyarakat kini akrab dengan aktivitas jual beli secara online. Semua orang menjadi lebih mudah mendapatkan apa yang diinginkan karena sekarang ada banyak toko online bermunculan.

Fenomena ini membuat peluang berbisnis secara online menjadi terbuka lebar. Banyak orang yang melihat bahwa bisnis online memberikan peluang besar untuk meraih kesuksesan. Apalagi saat ini masyarakat semakin gemar berbelanja online karena dinilai lebih mudah, simple, dan cepat.

Bisnis online bisa menjadi jaminan masa depan yang menjanjikan jika dikembangkan dengan cara yang tepat. Salah satu kuncinya terletak pada strategi pemasaran untuk menjaring banyak konsumen. Namun, selain itu ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan agar kamu bisa mengembangkan bisnis online dengan benar.

Tips Jitu Mengembangkan Bisnis Online

Berikut beberapa tips jitu untuk membuat bisnis online kamu semakin berkembang.

1. Mainkan Kreativitas

Kreativitas sangat dibutuhkan ketika kamu menjalankan sebuah bisnis online. Sesuatu hal yang biasa saja akan terasa membosankan dan tidak menarik sehingga tidak banyak konsumen yang akan melirik bisnismu. Oleh karena itu, cobalah untuk terus menggali kreativitas.

Dalam sebuah bisnis online, kamu perlu menyiapkan konten yang menarik. Mulai dari foto hingga video untuk keperluan promosi produk. Agar bisa menarik banyak konsumen kamu harus bisa menampilkan foto dan video yang kreatif dan menarik.

2. Ciptakan Nama Produk yang Unik

Nama produk tentu saja sangat berpengaruh pada respon konsumen. Nama produk yang unik dan menarik akan membuat konsumen lebih mudah mengingatnya dan merangsang rasa ingin tahu mereka.

Jika bisnis online yang kamu jalankan menjual beragam produk, maka ciptakan nama-nama produk yang berbeda dan memiliki keunikan. Siapkan nama yang tidak pasaran dan bisa memancing keinginan konsumen untuk membelinya.

3. Konsisten pada Target Konsumen

Ketika akan menjalankan sebuah bisnis, kamu tentu saja harus menentukan target konsumen. Siapa yang akan menjadi target konsumenmu akan mempengaruhi bagaimana strategi marketing yang harus dilakukan.

Ketika menjalankan bisnis online, cobalah untuk konsisten dengan target konsumen yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Misalnya, target konsumenmu adalah remaja maka kamu perlu konsisten dengan target tersebut dan melancarkan strategi marketing yang sesuai.

4. Pilih Campaign yang Tepat

Ada banyak media yang bisa kamu pilih untuk melakukan campaign terhadap produk yang kamu jual. Saat ini setiap media sosial menyediakan fasilitas campaign yang bisa mendukungmu untuk mempromosikan bisnis yang kamu jalankan.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua jenis campaign perlu kamu pilih. Kamu bisa menggunakan satu jenis campaign saja yang paling sesuai dengan target konsumenmu.

5. Pilih Waktu yang Pas

Perlu diketahui bahwa waktu adalah salah satu poin yang sangat penting dalam dunia bisnis online. Kamu perlu memperhatikan kapan saat yang paling tepat untuk melakukan promosi atau menerima pesanan untuk produk yang kamu jual.

Misalnya, hindari melakukan promosi atau menerima pesanan pada pukul 7 hingga 11 pagi karena ini adalah jam sibuk kebanyakan orang. Lebih baik lakukan promosi pada pukul 6 sore hingga 10 malam ketika biasanya orang akan lebih banyak memegang gadget dan membuka media sosial.

6. Jangan Lupa Pake Accurate Online

Berkembangnya sebuah bisnis bukan hanya dari segi produk dan target market saja. Ada hal yang lebih penting lagi selain itu, yakni pengelolaan keuangan usaha. Dengan memiliki catatan dan pembukuan usaha yang baik, Anda bisa mengetahui kondisi keuangan usaha. Terlebih zaman sekarang masih banyak pengusaha yang suka menggunakan uang usaha dengan uang pribadi. Hal ini sebenarnya tidak baik.

Sekarang waktunya kamu harus beralih menggunakan sistem pencatatan online. Kamu bisa pakai Accurate Online. Software akuntansi berbasis web cloud yang bisa digunakan oleh pemilik bisnis online. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menyusun laporan akhir bulan.

Gimana cara agar bisnis online kamu semakin berkembang? Tentunya miliki catatan yang baik. Bisnis online mungkin menjadi satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan pencatatan. Karena jarang sekali tercatat segala jenis transaksi yang dimiliki.

Paling kalo kamu catat secara manual, kamu hanya catat jumlah transaksi yang masuk aja beserta ongkos kirim, itu pun kalo kamu rajin. Karena harus catat secara manual. Kalo kamu malas, bisa enga tercatat deh catatan transaksi yang terjadi.

Tetapi semua transaksi keluar tidak kamu catat. Dan kalo kelamaan bisa hilang deh itu catatan. Sekarang kamu bisa dengan mudah mencatat itu dengan Accurate Online menggunakan fitur yang memanjakan pebisnis online dalam mencatat keuangan usahanya.

Fitur terbaru dari Accurate Online tersebut yaitu smartlink e-commerce yang sudah terintegrasi dengan tiga marketplace besar di Indonesia yaitu Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Jadi kamu bisa meng-import langsung faktur penjualan yang ada di ketiga marketplace tersebut dengan mudah hanya cukup dengan mengintegrasikan akun marketplace kamu dengan Accurate Online tanpa harus menginput secara manual semua transaksi penjualan yang terjadi. Mudah kan?

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis online. Yang paling penting untuk diingat adalah tetap semangat mengembangkan bisnismu. Tetap ulet dan tekun menghadapi semua tantangan yang ada di depanmu sampai kamu bisa meraih kesuksesan seperti yang diinginkan.

Muhammad Kastolani
Muhammad Kastolani
Blogger Contributor