7 Kesalahan yang Membuat Bisnis Gagal
August 14, 2018
Mudahnya Membuat Laporan Keuangan Sederhana untuk UKM
August 15, 2018

5 Trik Agar Usaha Musiman Tetap Lancar

Di bulan Agustus 2018 banyak sekali pedagang musiman bermunculan seperti pedagang yang menjual bendera, bambu yang di cat merah putih, dan pernak-pernik lainnya. Pedagang souvenir dan merchandise Asian Games, hingga pedagang hewan kurban. Tahun ini hari kemerdekaan republik Indonesia berdekatan dengan hari raya Idul Adha, jadi tak hanya pedagang pernak-pernik hari kemerdekaan yang muncul tetapi, pedagang hewan qurban juga semakin banyak diemui. Pedagang musiman seperti ini, biasanya muncul seiring bergantinya momen yang ada setiap tahunnya.

Bagi Anda yang termasuk dalam pedagang musiman ada hal-hal yang harus Anda perhatikan agar usaha yang Anda jalankan tetap lancar, berikut triknya:

1. Hindari berekspektasi berlebihan

Berekspektasi berlebihan adalah hal utama yang harus Anda hindari, karena saat Anda ingin memulai usaha Anda harus realistis dalam berpikir, karena jika Anda memikirkan hasil yang besar sebelum memulai dikhawatirkan Anda akan kecewa ketika hasil yang Anda dapatkan tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Memiliki ekspektasi adalah hal wajar, namun jangan sampai ekspektasi Anda ekspektasi yang tidak terukur, dan tidak sesuai. Anda harus memiliki ekspektasi terukur dan sesuai dengan apa yang pasti Anda dapatkan. Sebab bisnis Anda adalah bisnis musiman.

2. Memilih supplier yang aman

Untuk mendapatkan barang yang akan dijual, tentunya Anda perlu supplier yang menawarkan barang dengan harga murah dan juga aman. Untuk hal ini perlu ketelitian untuk membelinya, karena akan banyak sekali supplier yang akan Anda temui dan membuat bingung. Pilihlah supplier yang sudah menjadi kepercayaan pedagang lainnya, hindari membeli secara online agar Anda dapat melihat kualitas barang secara langsung sehingga terhindar dari penipuan.

Tidak ada salahnya Anda berburu supplier yang tepat. Supplier yang Anda cari tentunya bukan sekedar yang bisa meberikan Anda harga murah saja. Melainkan, Anda bisa mendapatkan produk yang memiliki kualitas terjangkau. Jangan sampai Anda hanya sekedar mengejar murah saja.

3. Belanja seperlunya

Hindari belanja berlebihan, karena usaha musiman tidaklah semudah yang Anda kira. Akan banyak pedagang lain yang menawarkan barang dagangan yang sama, sehingga persaingan cukup ketat.

Untuk mencegah adanya kerugian Anda dapat belanja seperlunya dan jika habis Anda dapat berbelanja lagi, itu cara yang lebih baik dibandingkan Anda menyetok barang banyak namun pada saat musimnya telah berakhir barang Anda sudah tidak laku lagi dijual.

4. Cari tempat strategis

Trik selanjutnya, Anda dapat mencari tempat untuk memulai usaha. Usahakan mencari tempat yang belum ada pedagang lain yang menjual barang yang sama, hal ini dapat memudahkan untuk menjual barang dagangan Anda. Jika Anda ingin berdagang dengan berkeliling Anda dapat merambah daerah perkampungan atau perumahan yang ramai sehingga orang lain dapat melihat barang yang Anda jual.

5. Berikan harga yang wajar

Biasanya pedagang musiman mencari keuntungan yang lebih dengan mematok harga tinggi, namun alangkah baiknya jika Anda memberikan harga yang wajar agar tidak mendapat komentar saat ada yang membeli barang dagangan Anda.

Mengambil untung besar memang sah-sah saja, namun kepuasan pembeli menjadi hal utama yang arus Anda pikirkan. Jika pembeli merasa harga yang Anda tawarkan murah, bisa saja orang yang membeli akan menjadikan Anda sebagai rekomendasi jika rekannya ingin membeli barang.

Jadi, jangan mengambil harga terlalu tinggi. Jadikanlah usaha musiman sebagai salah satu peluang untuk melatih jiwa kewirausahaan Anda. Apa lagi jika Anda masih dalam tahap belajar berbisnis. Usaha musiman menjadi salah satu usaha yang tepat untuk Anda lakukan. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, Anda bisa menjadikan bisnis sampingan sebagai satu cara melatih jiwa wirausaha Anda.