4 Strategi Cerdas Buat Emak-Emak yang Mau Membangun Usaha
October 2, 2018
5 Tips Traveling Dapet Duit dari Bisnis Jasa Titip
October 8, 2018

5 Kriteria Produk yang Cocok Dijual Online, Pasti Cepat Laku!

Merintis bisnis online memang perkara mudah. Bermodalkan smartphone atau laptop, siapa pun bisa memulainya. Namun, bukan berarti pengelolaan bisnis online boleh dilakukan asal-asalan. Anda justru harus mempersiapkannya secara matang agar dapat mengungguli persaingan bisnis yang ketat dan seperti apa kriteria produk yang cocok dijual secara online.

Selain urusan keuangan, Anda juga patut memilih produk yang tepat untuk bisnis online. Sebaiknya Anda memahami beberapa kriteria produk yang cocok dijual secara online berikut ini. Sehingga proses promosi, pemesanan, dan pengiriman produk senantiasa lancar.

Ukurannya Tidak Terlalu Besar

Kriteria pertama adalah Ukuran barang. Ukuran barang yang terlalu besar akan menyulitkan proses pengiriman. Selain itu, biaya pengiriman yang harus disiapkan pelanggan pun jadi semakin besar. Sehingga hal tersebut bisa mempengaruhi minat calon pelanggan terhadap produk Anda.

Alangkah lebih baik bila Anda tidak menjual produk yang ukurannya terlalu besar. Kalaupun ukuran produk Anda besar, Anda harus menemukan metode pengiriman terbaik yang aman dan hemat biaya. Meskipun itu sulit, tetapi jika produk Anda merupakan produk yang banyak peminatnya itu adalah hal yang bisa Anda coba.

Warna, Bentuk, atau Penampilannya Menarik

Bisnis online akan menimbulkan keterbatasan interaksi antara calon pelanggan dan produk yang diinginkan. Karena calon pelanggan tidak dapat memegang dan melihat produk secara langsung sebelum membeli. Warna, bentuk, atau penampilan produk yang menarik akan mempermudah Anda ketika merepresentasikannya.

Anda pun tak akan kesulitan membuat konten visual atau audio visual yang istimewa untuk mempromosikan produk tersebut. Biasanya tampilan produk yang menarik akan menggugah keinginan calon pelanggan untuk membelinya.

Warna, bentuk, dan penampilan menarik adalah segala sesuatu yang bisa menghasilkan effort lebih pada foto maupun video yang Anda hasilkan dalam produk Anda. Dengan penampilan yang menarik, akan membuat calon konsumen menyukainya.

Teksturnya Tak Mudah Pecah

Barang yang teksturnya agak rentan pecah memang bisa disiasati dengan menggunakan bubble wrap sebagai pembungkus. Namun, risiko barang rusak selama proses pengiriman tetap besar. Anda pasti tak mau kan menerima komplain pelanggan dan terpaksa ganti rugi bila produk pesanan pelanggan rusak. Itulah sebabnya barang yang tak mudah pecah merupakan pilihan terbaik bagi bisnis online Anda.

Produk Tahan Lama dan Mudah Disimpan

Prinsip bisnis online sama dengan bisnis konvensional, persediaan produk tak boleh terlalu banyak demi menjaga kualitasnya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih produk yang tahan lama dan mudah disimpan seperti pakaian, buku, dan aksesori. Jika Anda merintis bisnis online di bidang kuliner, makanan kering bisa menjadi pilihan tepat. Karena daya tahannya lebih lama dibandingkan makanan segar yang hanya bisa disimpan beberapa hari.

Siklus Pemakaiannya Cepat

Produk-produk yang siklus pemakaiannya cepat (contohnya makanan dan perlengkapan kebersihan pribadi) pasti membuat pelanggan Anda sering memesan. Omzet bisnis Anda akan relatif stabil kalau Anda menjual produk yang siklus pemakaiannya cepat. Anda juga dapat meningkatkan omset bisnis secara signifikan melalui strategi promosi yang tepat. Sehingga Anda berkesempatan memiliki banyak pelanggan setia.

Kehadiran sejumlah bisnis online sukses patut menjadi acuan bagi Anda untuk meraih kesuksesan yang sama. Sekarang, mari tentukan produk yang akan Anda jual. Perencanaan bisnis yang matang, produk yang tepat, dan pengelolaan sistem keuangan sistematis adalah pondasi kuat untuk meraih kesuksesan bisnis online.

Untuk masalah sistem keuangan bisnis online, Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena, saat ini Accurate Online bisa membantu para pebisnis online dalam mengelola keuangan bisnis. Apa lagi, Accurate Online sudah memiliki fitur smartlink e-commerce yang sudah terintegrasi dengan tiga marketplace besar di Indonesia. Ketiga marketplace tersebut Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia.

Lalu gimana gunainnya? Cukup mudah, Anda hanya tinggal log in ke akun marketplace milik Anda dari sistem Accurate Online milik Anda. Dengan fitur smartlink e-commerce, Anda tidak perlu lagi mencatat ulang barang-barang yang sudah terjual ke sistem pembukuan Anda. Jadi, Anda tidak perlu dua kali kerja. Mudah kan? Selamat berbisnis!

Dimanapun dan kapanpun