5 Alasan Kenapa Anda Tidak Perlu Mengikuti Perubahan Pesaing
December 15, 2017
6 Hal yang Harus Dipersiapkan Dalam Mendirikan Bisnis Cafe atau Restoran
December 15, 2017

5 Jenis Potongan Slip Gaji yang Perlu Anda Ketahui

Slip Gaji

Hari gajian adalah hari yang paling menyenangkan untuk setiap karyawan. Tak heran jika tanggal gajian adalah yang selalu ditunggu-tunggu. Tetapi pada saat gajian, ada rasa sedikit kecewa karena jumlah gaji yang didapat tidak menyeluruh sesuai dengan yang disepakati di awal kontrak kerja. Hal ini disebabkan karena gaji telah mengalami beberapa potongan. Banyaknya jumlah potongan berbeda tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Berikut 5 jenis potongan pada slip gaji yang perlu Anda ketahui.

BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan fasilitas asuransi yang wajib diberikan oleh setiap perusahaan. Besarnya jumlah biaya yang harus dibayarkan, tergantung pada kelas berapa perusahaan tersebut mendaftarkan karyawannya. Semakin tinggi tingkatannya maka jumlah potongan gaji Anda juga akan semakin besar. Jumlah biaya BPJS yang harus dibayarkan adalah sebesar 5 persen dari gaji bulanan, dengan rincian 4 persen dibayar perusahaan dan sisanya karyawan.

PPh21

Bagi setiap karyawan yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, maka sudah menjadi keharusan bagi mereka untuk membayar pajak penghasilan. Pajak penghasilan ini dibayarkan setiap tahun, tetapi pada umumnya perusahaan akan memotongnya setiap bulan dari gaji yang diberikan. Besarnya PPh juga tergantung dari gaji masing-masing karyawan. Jadi jangan heran, semakin besar gaji Anda maka akan semakin besar pula potongan PPh21-nya.

Asuransi Sekunder

Asuransi sekunder ini tak selalu ada pada setiap perusahaan. Biasanya, selain mendaftarkan karyawan mereka pada BPJK Kesehatan, perusahaan juga memberikan asuransi tambahan. Hal ini dilakukan karyawan untuk memberikan kesejahteraan yang lebih lanjut kepada karyawannya. Jadi, asuransi sekunder ini bisa menjadi alternatif pengobatan untuk karyawannya yang sakit.

Jaminan Hari Tua

Beberapa perusahaan yang memiliki banyak karyawan, akan mendaftarkan karyawan mereka untuk ikut program Jaminan Hari Tua, sehingga hal ini akan berdampak pada pengurangan jumlah gaji yang diberikan. Jaminan Hari Tua ini akan terkumpul dari gaji Anda per bulan dan tidak bisa diambil sewaktu-waktu tetapi harus menunggu hingga periode tertentu. Misalnya lima tahun atau setelah Anda resign dari tempat kerja.

Tunjangan Kehadiran

Tunjangan kehadiran ini biasanya akan berkurang jika Anda terlambat datang ke kantor. Untuk persentase pemotongannya, hal itu, tergantung pada masing-masing perusahaan. Ada yang melakukan pemotongan berdasarkan kelipatan 15 menit, 30 menit, bahkan 1 jam. Semakin sering Anda datang terlambat, maka akan semakin besar jumlah potongan pada tunjangan kehadiran ini. Selain keterlambatan, izin tidak masuk juga akan mengurangi tunjangan Anda.

Meskipun jumlah gaji Anda jadi berkurang, namun sebenarnya hal itu bukan hal yang perlu disesalkan karena potongan itu nantinya juga demi kebaikan Anda. Seperti asuransi dan dana pensiun misalkan. Dana pensiun baru bisa Anda nikmati di masa depan sedangkan asuransi, ini akan menguntungkan Anda untuk berobat sewaktu-waktu. Dengan begitu, kini Anda tak perlu lagi khawatir dengan potongan-potongan angka pada slip gaji.

Agar potongan slip gaji bisa dihitung secara akurat, dan aman serta data tersebut tersimpan pada server milik perusahaan sebaiknya gunakan saja Accurate Online (AOL). Accurate Online untuk perusahaan bisa disimpan pada server tersendiri yang sudah dimiliki oleh perusahaan, sehingga keamanan dari data keuangan perusahaan bisa terjaga meskipun berada di cloud, namun server dimiliki oleh perusahaan Anda.

Iskandar Rumi
Iskandar Rumi
Mantan wartawan yang hijrah menjadi SEO writer & content writer