3 Aturan Pajak E-Commerce yang Di Rasa Memberatkan Marketplace
February 5, 2018
5 Alasan Kenapa Anda Tidak Perlu Mengikuti Perubahan Pesaing
February 6, 2018

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Dalam Membuat Cafe atau Restoran

Cafe atau restoran seakan menjadi kebutuhan krusial bagi masyarakat yang hidup di zaman serba sibuk ini. Gaya hidup yang sibuk membuat tak semua orang memiliki banyak waktu untuk memasak makanannya sendiri di rumah sehingga pemenuhan kebutuhan makan secara instan semakin dicari. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi munculnya banyak cafe dan restoran. Oleh sebab itu, cafe dan restoran adalah lahan bisnis yang cukup menggiurkan. Apakah Anda tertarik untuk membuka cafe atau restoran? Berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

Pikirkan Menunya

Menu ini menentukan harga yang akan Anda tawarkan pada konsumen. Bahan apa saja yang Anda gunakan untuk menunya, yang biasa atau premium berkualitas tinggi? Variasi menunya juga perlu dipikirkan. Semakin banyak menu yang Anda tawarkan, hal ini juga berkesempatan untuk menarik pengunjung lebih banyak. Agar cafe Anda lebih unik, maka sajikan kreasi menu yang berbeda dari lainnya.

Cari Tempat yang Strategis

Tempat yang strategis tak harus di tengah kota dengan harga sewa tempat yang lumayan mahal. Sesuaikan saja dengan pasar yang akan Anda bidik. Misalnya jika Anda ingin membuka cafe untuk mahasiswa, maka buka saja di sekitar kampus. Tentu saja, harganya juga harus Anda sesuaikan dengan kantong mahasiswa. Hal ini berbeda dengan Anda ingin membuka restoran yang high-end untuk kalangan menengah.

Fasilitas

Satu fasilitas cafe yang wajib adalah layanan Wi-Fi. Layanan Wi-Fi yang kencang bisa membuat pengunjung berlama-lama. Selain itu, jika cafe atau restoran Anda cukup besar, apalagi ditujukan untuk tempat makan keluarga, maka menyediakan toilet dan mushola kecil bisa sangat membantu dan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa konsumen. Mereka tidak perlu jauh-jauh mencari tempat ibadah di luar cafe ketika akan melakukannya di tengah waktu makan.

Bisnis Cafe atau Restoran

Pikirkan Jumlah Karyawan

Ketika baru pertama kali membuka, tentunya bisnis belum berkembang dan Anda tidak tahu berapa besar keuntungan yang mungkin akan dihasilkan, bukan? Oleh sebab itu, jangan tergesa-gesa menyewa karyawan terlalu banyak. Pekerjakan satu karyawan saja atau sesuai kebutuhan cafe. Jika usaha Anda sudah mulai berkembang, maka Anda baru bisa menambah karyawan satu per satu untuk memenuhi kebutuhan. Jika Anda menyewa karyawan terlalu banyak tetapi jumlah pemasukan kurang, maka bisa menimbulkan kerugian.

Pilih Supplier yang Tepat

Anda juga harus memilih supplier untuk cafe Anda. Pastikan supplier yang Anda pilih adalah yang menawarkan harga terbaik dengan kualitas yang tak perlu diragukan. Dengan begitu, Anda bisa lebih banyak menghemat pengeluaran. Meskipun demikian, Anda juga harus menjalin kerja sama dengan supplier secara baik-baik. Bangun rasa saling percaya. Jangan sampai Anda terlambat membayar bahan sehingga mereka juga tidak akan terlambat dalam melakukan pengiriman.

Dengan melakukan persiapan-persiapan di atas, kini Anda bisa memulai usaha cafe Anda dengan percaya diri. Membuka cafe tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan, bukan? Semuanya harus dipertimbangkan secara matang. Kalau Anda salah membidik pasar, tentu hal ini akan menghambat perkembangan bisnis cafe Anda, bukan? (Penulis.ID)

Dimanapun dan kapanpun

Iskandar Rumi
Iskandar Rumi
Mantan wartawan yang hijrah menjadi SEO writer & content writer