6 Cara Jitu Membuat Bisnis Online Kamu Berkembang
May 24, 2018
Smartlink Accurate Online Mudahkan Pelaku Bisnis Online Mengelola Keuangan
May 25, 2018

5 Cara Ajaib Memikat Hati Pelanggan di Bulan Ramadhan Hingga Lebaran

Hampir semua orang merasakan keberkahan di bulan suci ramadhan. Salah satunya adalah para pelaku bisnis. Di bulan ramadhan ini pun para pelaku usaha mencari cara agar produk atau jasa yang mereka tawarkan bisa berhasil dan disukai oleh konsumen. Nah gimana memikat hati pelanggan di bulan ramadhan dan penjualan bisa meningkat?

Buat kamu yang lagi bisnis di bulan ramadhan, kamu harus bisa mendapatkan hati konsumen agar produk dan jasa yang kamu tawarkan pun bisa laris. Ingat, jangan juga mencurangi konsumen, apa lagi konsumen sekarang sudah pada pintar. Jadi kamu harus bisa merancangi strategi yang benar-benar menggambarkan produk atau jasa yang kamu jual.

Banyak sekali tahapan yang harus kamu persiapkan dalam bulan ramadhan hingga lebaran tiba. Buat para pelaku usaha agar bisa memikat hati pelanggan di bulan ramadhan. Cara ini pun dilakukan oleh berbagai produsen untuk memikat hati pelanggan. Apa saja yang bisa membuat konsumen tertarik untuk membeli di toko Anda?

Amati Perilaku Calon Konsumen

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan hati pelanggan di bulan ramadhan dengan cara mengamati perilaku mereka. Misal apa yang mereka cari selama ramadhan, kapan mereka berburu barang-barang yang ingin di beli, dan lainnya.

Dengan mengetahui karakter konsumen, ini bisa menjadi pertimbangan pelaku usaha untuk bisa mendapatkan hati konsumen selama ramadhan. Kadang di bulan ramadhan, harga tidak menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk.

Beri Diskon atau Cash Back

Kadang banyak produk-produk yang memberikan diskon menarik di ramadhan hingga menjelang H-1 lebaran. Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan banyak konsumen di bulan ramadhan. Kamu bisa mencontek cara mereka untuk memberikan sebuah diskon atau cash back dari setiap pembelanjaan minimum.

Cash back ini bisa berupa uang THR misalnya atau uang lebaran lainnya untuk pengunjung sesuaikan dengan inovasi yang akan kamu berikan kepada para customer. Jadikanlah cara ini untuk mendapatkan konsumen loyal kamu. Cara ini juga cukup efektif untuk dilakukan di bisnis online.

Berikan Voucher

Cara lain untuk memikat hati pelanggan di bulan ramadhan adalah memberikan voucher hadiah kepada mereka. Kamu bisa menerapkan tips ini kepada setiap konsumen agar mereka mau membeli produk yang kamu jual kepada mereka. Dengan adanya voucher tersebut ini akan menjadi daya tarik calon konsumen untuk membeli produk yang kamu jual. Apa lagi jika voucher hanya kamu khususkan kepada pelanggan setia kamu. Pasti mereka akan sangat senang.

Waktu Sangat Penting

Kalo kamu pebisnis online dan memiliki toko online tersendiri kamu wajib untuk mengetahui waktu paling sering masyarakat belanja. Atau manfaatkan waktu-waktu khusus di bulan ramadhan saat memberikan diskon dan hadiah.

Waktu ini sangat penting, banyak sekali masyarakat yang berburu produk atau jasa ketika menjelang sahur dan berbuka. Wajib diketahui oleh pengusaha toko online. Anda harus bisa memanfaatkan kedua waktu ini ketika ingin mengenalkan produk maupun jasa kepada konsumen Anda.

Siapkan Konten Promosi Khas Ramadhan

Konten promosi adalah salah satu hal penting untuk memikat hati pelanggan di bulan ramadhan seperti saat ini. Anda bisa membuat konten-konten menarik. Baik itu dalam bentuk flyer, video, maupun tulisan sebagai daya tarik lain dan inovasi lain dari produk dan jasa yang ditawarkan oleh Anda. Persiapkanlah konten yang menarik sepanjang bulan ramadhan agar penjualan kamu pun meningkat.

Bulan ramadhan dapat dikatakan menjadi bulan-bulan panen bagi para pemilik usaha. Kamu pun bisa menikmati keberkahan di bulan ramadhan dengan mendapatkan lebih banyak lagi pelanggan dan meningkatnya jumlah penjualan. Tentunya agar pelanggan mau datang ke toko kamu, kamu wajib untuk melakukan cara-cara mutakhir dalam memikat konsumen di bulan ramadhan hingga menjelang lebaran.

Ketika penjualan meningkat, pastinya pendapatan pun akan meningkat. Sebelum itu terjadi kamu pun harus sudah mempersiapkan sistem yang bisa mengelola penjualan dan pendapatan kamu. Semacam aplikasi pembukuan Accurate Online yang bisa kamu jadikan sebagai satu cara untuk mengatur pembukuan usaha yang kamu miliki. Accurate online pun sudah bisa kamu akses melalui mobile dengan nama aplikasi Accurate Lite.

Dengan memiliki pembukuan keuangan yang rapih sepanjang bulan ramadhan hingga seterusnya, kamu bisa menilai apakah cara memikat pelanggan di bulan ramadhan yang sudah kamu lakukan sudah cukup efektif atau belum sama sekali. Apakah bisa kamu terapkan di bulan-bulan selanjutnya atau di momen selanjutnya. Kamu bisa menganalisisnya dengan sistem yang ada di Accurate Online.

Accurate Online juga cocok digunakan oleh pelaku bisnis online. Karena sudah tersedia fitur smartlink yang ada di dalamnya. Fitur ini merupakan fitur integrasi antara Accurate Online dengan tiga marketplace besar di Indonesia, yakni Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee. Jadi kamu yang sudah punya akun diketiga marketplace tersebut cukup dengan memasukan akun email dan password akun marketplace maka sudah bisa untuk menarik semua data penjualan kamu.

Tunggu apa lagi, kamu bisa langsung coba Accurate Online dengan versi trial yang diberikan hingga 30 hari. Langsung aja klik banner yang ada dibawah ini.

Iskandar Rumi
Iskandar Rumi
Mantan wartawan yang hijrah menjadi SEO writer & content writer