Akuntan? Stress dengan Tumpukan Berkas Keuangan, Jadikan Accurate Online ‘Pahlawan’ Mu
November 15, 2017
Stock Opname: Metode Efektif Mengelola Persediaan Barang di Gudang
November 17, 2017

5 Acara yang Bisa Anda Datangi untuk Menambah Networking

Bagi seorang pebisnis, memiliki networking seluas mungkin adalah hal yang penting. Semakin luas networking, maka akan semakin besar pula kesempatan untuk menjual produk. Salah satu cara untuk membangun networking adalah dengan mengikuti berbagai acara tertentu. Dari sini, Anda bisa mulai berkenalan dengan orang baru dan menjalin networking. Berikut beberapa acara yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun networking yang lebih luas.

Seminar

Selalu ikuti seminar-seminar mengenai kewirausahaan untuk mendapatkan ilmu baru. Dari sini Anda bisa mendapatkan referensi untuk mengembangkan produk Anda. Selain itu, tentu saja Anda juga bisa sambil berkenalan dengan peserta lainnya. Kalau Anda memang “berjodoh” dengan mereka, pasti akan ada saatnya untuk bertemu kembali. Entah di acara lain atau untuk menjalin suatu kerja sama.

Pelatihan

Tak hanya seminar, tapi juga pelatihan. Misalnya pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi atau Digital Marketing yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak pengusaha UKM di Indonesia. Ilmu yang Anda dapat dari sini bisa dipakai untuk menunjang kegiatan bisnis.

Jika tempat tinggal Anda dekat dengan perpustakaan, maka selalu tanyakan apakah akan ada pelatihan yang akan diselenggarakan di sana dalam waktu dekat. Ataupun, Anda juga bisa selalu melihat informasi mengenai berbagai pelatihan melalui internet. Dari pelatihan seperti ini, Anda akan bertemu dengan pengusaha-pengusaha lain yang ingin menambah skill mereka. Disinilah Anda bisa membangun networking dengan pengusaha lain.

Forum

Jika ada forum UKM di tempat Anda, maka mintalah untuk bergabung menjadi anggota. Forum ini sangat bermanfaat untuk Anda karena bisa dijadikan sebagai ajang untuk mengenalkan produk. Selain itu, di forum ini, Anda akan mendapatkan informasi terbaru mengenai acara-acara UKM yang akan digelar. Bahkan beberapa forum UKM ada yang bisa membantu menjualkan produk Anda dengan cara memasarkan produk tersebut. Cukup menarik, bukan?

Pameran

Pameran produk UKM jangan pernah sekalipun Anda lewatkan. Apa lagi untuk acara yang besar, seperti Inacraft yang fokus pada UKM di bidang kerajinan tangan dan Jakarta IKM Expo yang diadakan oleh Kadin dan Kementerian Perindustrian Direktorat IKM (Industri Kecil dan Menengah). Ada yang dilakukan di gedung tertentu atau di mall. Pameran produk adalah tempat Anda bisa memperkenalkan produk Anda ke masyarakat luas.

Namun selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke booth lainnya dan mengobrol dengan pemiliknya. Anda pun bisa saling bertukar informasi mengenai usaha masing-masing. Tidak menutup kemungkinan orang tersebut bisa Anda ajak untuk berkolaborasi menghasilkan produk baru.

Penyuluhan

Kalau Anda tinggal dalam lingkungan kampung yang padat penduduk dan rasa kekeluargaan masih melekat di sana, tentunya akan ada banyak penyuluhan yang akan diselenggarakan di sana. Tema penyuluhan ini sangat beragam, salah satunya ada yang mengenai kewirausahaan. Orang yang tertarik di bidang ini, tentunya akan menghadiri acara ini, bukan? Dengan begitu, Anda bisa berkenalan dengan mereka dan berbagi pengalaman sehingga networking pun akan terbentuk.

Jadi, jika Anda mendapatkan informasi mengenai acara-acara di atas yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat, sebaiknya jangan lewatkan kesempatan ini. Segera daftarkan diri dan kunjungi acara tersebut. Kenalanlah dengan para wirausahawan lainnya atau siapa pun yang berpotensi untuk menjalin kerja sama dengan Anda di masa depan. Semoga sukses! (Penulis.ID)

Iskandar Rumi
Iskandar Rumi
Mantan wartawan yang hijrah menjadi SEO writer & content writer