Rahasia Mendulang Untung Besar dari Sistem Pre-Order Bisnis Online!
September 29, 2018
5 Kriteria Produk yang Cocok Dijual Online, Pasti Cepat Laku!
October 2, 2018

4 Strategi Cerdas Buat Emak-Emak yang Mau Membangun Usaha

Memiliki sebuah usaha merupakan idaman bagi semua orang, mengapa demikian? Karena dengan memiliki usaha Anda memiliki penghasilan yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apa lagi bagi emak-emak yang merasa lebih asyik untuk punya usaha dibandingkan kerja kantoran. Gimana Strategi emak-emak membangun usaha? Yuk simak ulasannya!

Sebagai wanita, tidak ada salahnya untuk menjadi mandiri dengan membeli keperluan pribadi seperti kosmetik, pakaian dan lain-lain dengan menggunakan uang sendiri. Dan bagi Anda yang telah menikah, tentunya akan sangat menyenangkan jika Anda dapat membantu keuangan keluarga dari hasil usaha Anda. Iya bukan?

Karena tidak dapat dipungkiri jika kebutuhan setelah berkeluarga akan bertambah banyak, jika hanya mengandalkan uang dari suami tentunya akan memberatkan, walaupun itu memang kewajiban seorang suami namun apa salahnya jika membantunya dengan membangun sebuah usaha disela-sela Anda mengurus rumah.

Lalu bagaimana caranya agar Ibu rumah tangga dapat membagun sebuah usaha? Berikut adalah ulasan empat strategi pintar Ibu rumah tangga membangun usaha ala Antijobless.com.

Mendapatkan izin dari suami

Sebelum Anda mendirikan sebuah usaha, ada baiknya Anda mendiskusikan dengan suami Anda. Keluarkan semua ide yang Anda miliki, jelaskan jenis usaha apa yang akan Anda jalani, dan jangan lupa yakinkan suami Anda jika usaha yang Anda bangun akan berhasil, siapa tahu suami Anda akan memberikan tambahan dana untuk mendirikan usaha yang Anda inginkan.

Tapi yang penting bukan dana, melainkan restu dan dukungan dari suami lebih penting dari dana. Karena dengan adanya dukungan, hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menjalankan usaha yang Anda miliki saat ini.

Pilihlah usaha yang akan dijalani

Setelah mendapatkan izin dari suami, langkah selanjutnya adalah memilih usaha tepat yang akan Anda jalani. Carilah usaha yang sekira tidak terlalu menyulitkan dan dapat Anda lakukan disela-sela pekerjaan rumah.

Contohnya saja berjualan baju atau kosmetik secara online, Anda tentunya perlu mencari supplier baju dan kosmetik yang terpercaya dan juga menawarkan harga terjangkau. Disarankan agar Anda mendatangi langsung supplier yang akan Anda pilih, jika memang tidak memiliki waktu untuk mencari supplier secara langsung mau tidak mau Anda harus mencarinya secara online.

Pastikan supplier yang Anda pilih terpercaya, hal ini dapat Anda lihat dari testimonial yang mereka cantumkan, jika mereka memiliki sosial media lihatlah berapa banyak pengikut atau followers yang Ia miliki, pastikan pula followers yang mereka miliki akun asli bukan akun fack.

Selanjutnya, Anda hanya perlu menggunakan media sosial dengan mengunggah barang dagangan, jangan lupa tambahkan kontak, caption yang jelas sehingga orang yang melihat akan mengerti detail barang yang Anda jual. Setelah itu lakukan promosi dimulai dari saudara, teman kemudian lewat media sosial Anda. Dengan begitu orang lain dengan cepat akan mengetahui bahwa Anda memiliki usaha.

Atur waktu dengan baik

Sebagai Ibu rumah tangga mengatur waktu adalah hal penting, karena mengerjakan pekerjaan rumah serta mengurus anak dan suami adalah sebuah kewajiban, jangan sampai dengan usaha yang Anda tekuni malah menyita waktu untuk melakukan kewajiban utama Anda. Lakukan pekerjaan rumah terlebih dahulu lalu usaha Anda.

Anda dapat memulai menjalani usaha Anda setelah pekerjaan rumah selesai, rehat sejenak pada siang hari agar Anda dapat beristirahat, usahakan sebelum suami Anda pulang bekerja Anda sudah selesai berdagang sehingga Anda bisa fokus untuk menyiapkan makan malam untuk keluarga Anda. Jangan lupa sisihkan waktu sabtu dan minggu untuk libur serta mendedikasian waktu libur Anda untuk keluarga.

Mengatur keuangan dari hasil usaha Anda

Terakhir, Anda harus mengatur keuangan Anda dengan baik. Pisahkan antara uang belanja dengan uang hasil usaha Anda dengan begitu uang yang Anda pegang tidak tercampur. Catatlah pemasukan dan pengeluaran Anda dengan baik, atau Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pengatur keuangan seperti Accurate Lite. Yang bisa Anda gunakan pada smartphone Anda.

Accurate Lite merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mencatat keuangan usaha Anda dengan cepat dan akurat hanya dari smartphone. Accurate Lite memiliki enam fitur utama yang bisa membanu bisnis Anda. Mulai dari penjualan, pembelian, biaya, stok, kas/bank, dan laporan.

Keenam fitur tersebut bisa Anda gunakan untuk mencatata sesuai kebutuhan Anda. Misal Anda melakukan penjualan, maka Anda bisa mencatatnya pada menu penjualan. Sedangkan jika Anda baru saja membeli produk dari supplier, maka Anda bisa mencatat semuanya di biaya stok.

Mudah bukan? Sekarang saatnya Anda menggunakan Accurate Lite sebagai asisten keuangan bisnis Anda yang efisien. Selamat mencoba!