7 Strategi Pemasaran Ampuh Sepanjang Zaman
June 8, 2018
5 Sebab Bisnis Kamu Harus Pake Accurate Online di Lebaran kali ini
June 11, 2018

3 Fungsi Akuntansi dalam Membantu Berkembangnya Bisnis

marksnelsoncpa.com

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa akutansi sangat berpengaruh besar terhadap berkembang atau tidaknya sebuah perusahaan atau bisnis. Perhitungan dan laporan akutansi yang baik, akan dapat memberikan informasi pada pimpinan perusahaan maupun pemilik bisnis untuk analisa usahanya. Banyak pengusaha yang tidak mengetahui fungsi akuntansi dalam membantu berkembangnya bisnis.

Dengan mengidentifikasikan setiap data keuangan mulai dari pencatatan, pembukuan, dan neraca, maka akan menghasilkan sebuah laporan keuangan yang bisa menjadi acuan bagi pemilik usaha dalam melihat kondisi usahanya saat ini.

Akutansi sendiri jika dilihat dari sudut pandang prosesnya, akutansi dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan pencatatan data, penggolongan data, peringkasan data, penganalisaan data dan klasifikasi data sehingga menghasilkan sebuah data keuangan.

Dari definisi akutansi diatas, dapat kita simpulkan bahwa akutansi dapat menghasilkan beberapa informasi yang penting yang dapat digunakan oleh pimpinan perusahaanatau pemilik bisnis untuk mengambil suatu keputusan dan memberitahukan ke bawahan juga divisi lain terkait hasil dari laporan akutansi tersebut.

Bagi pemilik usaha skala kecil dan menengah, terkadang masih abai dalam memanfaatkan data akuntansi. Banyak dari mereka yang enggan untuk membuat sebuah laporan akuntansi. Terlebih mereka menganggap bahwa akuntansi adalah hal yang ribet dan tidak mengerti sama sekali.

Padahal, jika pemilik usaha bisa berpikir maju. Mereka akan berpikir betapa pentingnya akuntansi. Fungsi akuntansi dalam perkembangan sebuah bisnis sangatlah penting. Namun banyak yang tidak menyadari akan hal ini.

Mendapatkan Investasi

Selain itu, dengan memiliki laporan akutansi yang baik, tentunya akan sangat mudah bagi pemilik perusahaan untuk mendapatkan investor, karena investor yang menanamkan uangnya di bisnis Anda akan melihat bagaimana kondisi keuangan usaha Anda.

Dan investor pun memerlukan data akutansi untuk menganalisa, apakah perusahaan ini layak untuk mendapatkan kucuran dana atau tidak. Data akuntansi disini berupa sebuah laporan keuangan. Laporan keuangan ini sangatlah penting, sebagai alat informasi apakah usaha yang Anda jalankan sedang dalam kondisi yang untung atau rugi.

Mudah Berkembang

Dengan demikian, perusahaan yang memiliki laporan keuangan yang baik tentunya tidak akan sulit berkembang. Mengapa? Karena dari laporan keuangan, akan terlihat dimana saja sumber-sumber keuangan yang menghambat jalannya usaha. Sehingga ini bisa menjadi alat analisa apakah perusahaan ini bisa terus maju atau tidak.

Pinjaman Perbankan

Selain mengandalkan investor sebagai salah satu penyokong dana perusahaan, jika Anda dapat mengelola akutansi perusahaan dengan baik, maka tidak akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman kredit dari berbagai bank di seluruh Indonesia.

Bahkan, tak jarang Bank besar pun tidak sungkan-sungkan untuk menghubungi Anda, karena Bank percaya bahwa bisnis yang Anda miliki mempunyai reputasi laporan keuangan yang baik, yang pastinya akan menguntungkan bagi bank yang memberikan kredit bagi sebuah usaha yang mempunyai manajeman keuangan yang baik.

Dengan begitu, seperti yang sudah dituliskan diatas, fungsi dan peranan akutansi dalam berkembang tidaknya sebuah perusahaan, sangat berpengaruh sekali.

Dengan laporan keuangan yang baik, manajemen yang baik dan pengambilan keputusan yang sesuai, tentunya akan berpengaruh besar terhadap berkembang atau tidaknya sebuah perusahaan. Maka dari itu, seorang pimpinan pun harus mengetahui cara mengeksekusi laporan keuangan tersebut, agar dapat diimplementasikan dengan baik dan perusahaan akan semakin maju dan terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Apabila Anda merasa belum mampu membuat sebuah laporan keuangan yang baik dan benar, tak perlu takut. Karena kini ada aplikasi pembukuan dengan harga terjangkau namun fitur yang lengkap bagi usaha Anda, aplikasi pembukuan ini adalah Accurate Online.

Dengan berbagai fitur yang ada di Accurate Online, Anda bisa memanfaatkan fitur pencatatan penjualan dan pembelian. Sehingga Anda bisa dengan mudah menganalisa usaha Anda. Seberapa banyak uang masuk dan keluar. Accurate Online ini pun bisa membantu Anda dalam membuat pembukuan yang rapih dan akurat. Meskipun Anda tidak memiliki kemampuan akuntansi yang mumpuni. Tetapi dengan Accurate Online hal tersebut bisa diatasi dengan mudah.

“Harganya pasti mahal” ada beberapa pengusaha yang menganggap harga Accurate Online mahal. Padahal, tidak. Apa lagi jika Anda membeli di saat PROMO LEBARAN saat ini. Anda bisa mendapatkan potongan harga Accurate Online yang mencapai Rp 850 ribu dari harga normal Rp 2,4 juta menjadi Rp 1.550.000, bukannya itu sangat terjangkau bagi Anda pemilik usaha skala kecil dan menengah?

Selama masa promo lebaran ini, Anda yang membeli Accurate Online selama satu tahun. Anda bisa mendapatkan free webinar sebanyak dua kali di bulan Juli dan Agustus 2018. Di webinar ini Anda bisa mengetahui fitur-fitur yang ada di Accurate Online serta studi kasus mengenai bisnis yang Anda jalankan. Mau lebih tahu secara lengkap promo lebaran Accurate Online? Langsung aja klik banner dibawah ini!