Pengaruh Pembatasan Transaksi Tunai Maksimal Rp 100 Juta Terhadap UKM
May 3, 2018
7 Usaha yang Cocok untuk Buruh atau Karyawan Pabrik
May 15, 2018

3 Alasan Kenapa Harus Manfaatkan Media Sosial untuk Bisnis

Sumber : Pixabay.com

Banyak orang mengira media sosial tidak memiliki peran besar untuk pertumbuhan bisnis. Kecuali bagi para pedagang online yang benar-benar menggunakan media sosial sebagai sarana penjualan, atau hard selling. Media sosial bagi pemilik bisnis masih dianggap alat pemasaran nomor sekian.

Padahal, apa pun jenis bisnis Anda, apa lagi bisnis online media sosial bisa membantu berkembang. Tidak harus menjadi pengusaha yang fokus penjualannya di dunia maya, kok. Jika bisnis Anda lebih banyak beraktifitas di dunia nyata, media sosial tetap dapat memainkan peranan penting.

Tidak hanya hard selling, Anda bisa melakukan banyak hal di media sosial. Apa saja yang bisa Anda lakukan di media sosial untuk membantu mengembangkan bisnis? Berikut ini alasan kenapa harus memanfaatkan media sosial untuk bisnis Antijobless.com merangkumnya untuk Anda.

1. Mengenalkan produk dan jasa kepada jaringan yang lebih luas

Hasil penelitian yang dirilis Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa 132,7 juta orang di Indonesia menggunakan internet. Istimewanya, sekitar 130 juta dari mereka aktif menggunakan media sosial. Jumlah yang sangat besar, bukan?

Angka tersebut tidak berarti apa-apa jika Anda belum memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan usaha. Bayangkan berapa banyak orang yang dapat mengenal bisnis Anda melalui media sosial! Mereka bisa jadi pembeli, atau kelak akan menjadi pelanggan setia.

Ternyata, penelitian juga menunjukkan bahwa banyak pengguna media sosial yang mencari jasa dan produk melalui media sosial. Cara termudah bagi pengguna untuk mencari jasa dan produk yang mereka butuhkan adalah dengan fitur hashtag. Instagram, Twitter, dan Facebook sama-sama memiliki fitur ini. Anda dapat memanfaatkannya sebagai sarana promosi gratis, lho.

Sekali lagi, meskipun tidak berjualan online, Anda tetap dapat mempromosikan produk dan jasa di media sosial. Bisnis kuliner, seperti kedai makanan misalnya, dapat membagikan foto menu favorit di Instagram. Bisnis jasa wedding organizer bisa membuat album portofolio di Facebook. Jasa desain website dapat membagikan tips-tips menarik seputar bidangnya, dan masih banyak lagi.

2. Mengenalkan kultur dan nilai bisnis

Tak kenal maka tak sayang. Pepatah ini juga berlaku di dunia bisnis dan pemasaran. Banyak orang memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa dari bisnis yang telah dikenal. Sebagian lagi malah tak mau mencoba-coba. Hanya mau membeli dari tempat langganan. Kelebihannya, orang-orang ini biasanya akan menjadi pelanggan yang loyal.

Anda juga harus membuat bisnis Anda dikenal. Media sosial adalah salah satu cara untuk mengenalkan kultur dan nilai yang dibawa oleh bisnis Anda. Kultur bisnis yang selaras dengan nilai yang dianut sangat berharga di mata calon pembeli.

Sebagai contoh, seorang pengusaha memiliki bisnis kuliner halal dan mengajak karyawan untuk senantiasa mengaji di awal usaha. Kegiatan mengaji ini dapat menjadi nilai plus dalam mengenalkan bisnis Anda yang mengedepankan kehalalan produk. Begitu juga dengan pengusaha muda yang menggerakkan remaja di daerahnya menjadi tenaga kerja di jasa cuci sepatu.

Banyak pemilik usaha yang menceritakan kisah suksesnya membangun bisnis melalui media sosial. Jangan salah, ini bukan pamer. Cara ini justru membuat calon pembeli semakin percaya karena merasa mengenal siapa yang akan bertransaksi dengan mereka. Kepercayaan ini akan membuat mereka yakin untuk bertransaksi, baik membeli produk atau menggunakan jasa.

Selain itu, dengan media sosial Anda pun bisa mengenalkan cara bagaimana Anda menggunakan sistem pembukuan usaha kepada rekan-rekan pebisnis lainnya. Misal Anda menggunakan Accurate Online, Anda bisa membagikan di media sosial bagaimana mudahnya menggunakan Accurate Online dalam mengelola keuangan usaha, layaknya sebuah perusahaan besar. Apa lagi Accurate Online bisa Anda jadikan sebagai investasi bisnis di masa depan, demi menganalisis kondisi keuangan usaha.

3. Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan

Pemasaran dibangun atas dasar kepercayaan antara kedua belah pihak. Itulah sebabnya, pemilik bisnis harus dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggannya.

Media sosial memudahkan pemilik bisnis dan pelanggan untuk berinteraksi. Pemilik bisnis  dapat dengan mudah menerima masukan sekaligus memberikan informasi terbaru. Pelanggan pun dapat mengajukan saran dan kritik, serta merekomendasikan produk serta jasa yang mereka sukai pada teman atau kerabat.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memberikan reward melalui media sosial bagi pengguna yang telah menjadi followers. Reward ini dapat berupa voucher, diskon, atau justru hadiah cuma-cuma. Sebagai umpan balik, Anda bisa membuat kuis, meminta pembeli mengunggah foto saat bertransaksi dan menggunakan produk Anda, atau membagikan poster di akun media sosial mereka.

Meski mudah, jangan lupa untuk menjaga sikap di dunia maya. Jangan sampai akun media sosial bisnis Anda menampilkan sikap yang tidak disukai pelanggan, misalnya mengabaikan kritik dan saran, tidak ramah dalam menjawab pesan dan komentar. Ingat, apapun yang Anda posting di media sosial akan menjadi representasi bisnis Anda.

Itulah sebagian alasan kenapa harus memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis Anda. Siapkah Anda untuk mulai mengoptimalkan media sosial bisnis? Semoga informasi dari Antijobless.com ini dapat membantu!

Mau Coba Pengalaman Pakai Accurate Online Gratis? Klik Banner Dibawah Ini!

Imaniar Hanifa
Imaniar Hanifa
Blogger Contributor