Digital marketing memang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan yang ingin meningkatkan hasil penjualan produknya. Tentu di era serba teknologi saat ini kehadiran digital marketer memang sangat diperlukan. Seorang digital marketer bukanlah orang sembarangan yang hanya mengandalkan kuota internet maupun HP dan laptop. Pekerjaan di dalam dunia digital marketing pada umumnya menuntut keahlian khusus dalam mengoptimalkan sosial media. Mulai dari mengelola website, SEO hingga pengoptimalan sosial media agar memiliki engagement yang bagus.

Baca Juga: Digital Marketing adalah Strategi Kekinian untuk Kembangkan Bisnis, Inilah Manfaatnya

Tidak bisa dipungkiri lagi jika berbagai start up ataupun perusahaan rintisan memiliki para ahli digital marketing dalam mempromosikan usahanya. Bahkan perusahaan-perusahaan besar saat ini juga tidak terlepas dari tangan dingin para ahli digital marketing. Nah, yang menjadi pertanyaan berapakah gaji dari para digital marketer ini? Daripada penasaran silahkan membaca ulasannya berikut ini.

Gaji Digital Marketing

Gaji Digital Marketing di Indonesia
Source: Salaryexplorer.com

Beberapa sumber menyebutkan jika seorang digital marketer memiliki gaji minimal sebesar 1,2 X gaji UMR di setiap daerah. Tentu gaji tersebut akan terus meningkat seiring kenaikan status mereka. Seorang senior supervisor misalnya yang bisa mendapatkan gaji hingga 3 juta rupiah per bulan X UMR pengalaman selama 3-5 tahun. Jika berbicara mengenai manager tentu akan memiliki nilai gaji yang lebih tinggi lagi dibandingkan senior supervisor.

Gaji yang diberikan juga berdasarkan pengalaman dan skill para digital marketer tersebut dalam mengelola marketing perusahaan. Pada dasarnya, mahal atau tidaknya gaji seorang ahli digital marketing tersebut dapat dilihat dari pengalaman dan skill di bidangnya. Mungkin kalian menganggap jika seorang digital marketer kerjaannya hanya duduk depan laptop atau sekedar main HP saja. Namun, coba cek berapa persen hasil keuntungan yang didapatkan perusahaan lewat aktifitas mereka selama berada di depan layar.

Biasanya, seorang digital marketer yang memiliki gaji sebesar 5 juta akan menghasilkan profit atau keuntungan untuk perusahaan hingga 20 juta. Oleh karena itu, gaji digital marketing yang kalian anggap mahal tersebut berbanding lurus dengan apa yang mereka hasilkan kepada perusahaan.

Tugas Digital Marketing

Setelah mengetahui berapa gaji digital marketing, selanjutnya mari membahas tentang jenis pekerjaan apa saja yang mereka lakukan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak informasinya berikut ini.

1. Riset Data

Pekerjaan digital marketing yang pertama ialah riset data. Riset data yang dimaksud meliputi data trend, data pengunjung hingga data kompetitor. Beberapa tools yang dimanfaatkan digital marketer untuk meriset data ialah Google Trend, Keyword Everywhere, Google Analytics dan masih banyak lagi. Seorang ahli digital marketing tidak hanya sekedar mengetahui cara menggunakan semua tools tersebut tetapi juga mampu mengelolanya. Para digital marketer memang dituntut harus menjalankan instingnya saat melakukan riset data.

2. Konten Digital

Selain mampu melakukan riset data, digital marketer juga harus menguasai konten digital. Tentu konten digital yang dimaksud bukan hanya sekedar desain tetapi harus memasukkan unsur keunikan di dalam sebuah konten digital agar menarik minat banyak konsumen. Dalam membuat konten digital yang menarik memang diperlukan kreatifitas yang cukup tinggi sehingga konten yang dibuat bisa tepat sasaran dan bisa meningkatkan penjualan.

3. Membuat Landing Page

Seorang digital marketer juga harus mampu membuat landing page. Dalam dunia digital marketing, landing page adalah bagian halaman sebuah website yang dapat menarik para pelanggan. Jadi untuk membuat landing page ini seorang digital marketer harus memahami seluk beluk dunia SEO pula dalam mengelola website tersebut.

4. Kanal Pemasaran

Tugas tim digital marketing yang terakhir ialah menguasai kanal pemasaran. Kanal pemasaran yang dimaksud ialah media yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa sebuah perusahaan. Kanal pemasaran terdiri atas tiga  jenis yang pertama ialah sosial media.

Seperti yang telah diketahui jika sosial media saat ini berpengaruh besar dalam mempromosikan sebuah brand ataupun produk. Kemudian, yang kedua ialah marketplace yaitu semacam toko online untuk memasarkan produk. Adapun kanal pemasaran yang terakhir ialah mesin pencari yang merupakan sumber tempat mencari segala macam informasi yang dibutuhkan banyak orang di era digital ini.

Baca Juga: Mengenal Digital Marketing Fundamentals Untuk Pemula

Bagaimana, menarik bukan dunia digital marketing ini? Selain mendapatkan skill yang dibutuhkan di era saat ini, kalian juga bisa mendapatkan pendapatan yang cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *