Semakin berkembangnya era teknologi membuat semakin banyak orang juga memanfaatkan teknologi sebagai lahan untuk memasarkan produk ataupun jasa mereka. Wabah covid-19 menjadi salah satu bukti sekaligus momentum yang dimanfaatkan banyak orang untuk terjun langsung ke dalam dunia digital marketing. Tetapi sebelum terjun, kita harus mengenal digital marketing fundamentals sebagai dasar dalam penerapannya dalam bisnis.

Baca Juga: Ini Dia 7 Job Desk Digital Marketing Dalam Sebuah Perusahaan

Resesi yang terjadi pun memaksa banyak orang untuk terus memutar otak agar terhindar dari resiko menjadi pengangguran atau tidak mendapatkan penghasilan. Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh banyak orang baik anak muda hingga para orang tua saat ini ialah dengan mengoptimalkan peran digital marketing dengan memahami digital marketing fundamentals yang baik.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan alat elektronik seperti HP ataupun laptop serta jaringan internet. Kegiatan pemasaran ini juga disertai dengan berbagai jenis strategi untuk menarik perhatian konsumen secara online sehingga barang ataupun jasa yang dipasarkan dapat menghasilkan keuntungan. Adapun yang dimaksud dengan digital marketer ialah pelaku usaha yang mengelola kegiatan tersebut.

Untuk menjalankan bisnis di dalam dunia digital marketing ini diperlukan beberapa platform yang menunjang keberhasilan pemasaran tersebut. Para digital marketer ataupun influencer saat ini banyak mengandalkan keberadaan sosial media, e-commerce, Google, hingga situs yang digunakan sebagai platform untuk berinteraksi dengan para konsumen.

Apa Itu Strategi Digital Marketing?

Nah, untuk mencapai tujuan para digital marketer dalam memasarkan barang atau jasanya tersebut maka diperlukan yang namanya strategi digital marketing. Biasanya para pemilik usaha akan melakukan digital campaign atau kampanye secara digital untuk menarik perhatian para konsumen agar mereka membeli barang atau jasa yang dipromosikan tersebut.

Salah satu contoh campaign digital ialah lewat membuat postingan di sosial media ataupun membuat artikel di blog. Cara mempromosikan produk tersebut jenis campaign yang gratis. Adapun jenis campaign yang berbayar ialah dengan memanfaatkan iklan yang dibuat di sosial media. Kalian juga bisa menggunakan Google Ads untuk beriklan.

Selain menerapkan campaign digital yang berbayar ataupun gratis, kalian juga bisa menerapkan strategi-strategi digital marketing berikut ini.

SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan pemasaran di dunia digital. Biasanya teknik SEO ini diterapkan pada sebuah website ataupun sebuah blog agar website atau blog tersebut dapat mudah ditemukan oleh para konsumen. Teknik SEO juga akan membantu website kalian agar dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian Google. Dengan demikian para konsumen pun akan cepat menemukan barang atau jasa yang kalian pasarkan.

SEM

Berbeda dengan SEO yang merupakan teknik agar website berada di tingkat teratas halaman google secara organik, SEM sendiri melakukannya dengan cara non organik atau berbayar. SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing yang juga bertujuan untuk memudahkan konsumen menemukan barang atau jasa yang dijual pada sebuah website. Jika SEO dilakukan secara organik maka SEM diterapkan dengan cara berbayar.

Content marketing

Content marketing mengarah kepada content digital yang berupa gambar, teks dan juga video. Biasanya, memasarkan produk atau jasa dengan memanfaatkan strategi content marketing ini akan menarik perhatian para konsumen sehingga mereka membeli barang atau jasa tersebut.

Social Media Marketing

Saat ini social media marketing semakin berkembang di kalangan para pemilik usaha. Mulai dari usaha makanan, pakaian hingga jasa pun menggunakan strategi ini untuk menarik banyak minat dari para calon konsumen. Memanfaatkan social media marketing lewat Facebook, Instagram, Twitter hingga TikTok juga bisa meningkatkan hasil penjualan kalian. Semakin banyak pengguna internet di berbagai sosial media saat ini menjadi ladang yang menguntungkan untuk mempromosikan usaha kalian.

Facebook Ads

Platform lain yang bisa kalian manfaatkan untuk mempromosikan barang atau jasa ialah melalui Facebook Ads. Facebook Ads ini sendiri merupakan fitur dari Facebook yang akan mengiklankan fanspage usaha kalian menjadi media untuk dipasarkan kepada para pengguna Facebook lainnya. Dengan demikian, kalian akan lebih mudah mendapatkan target pasar yang sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Baca Juga: Digital Marketing adalah Strategi Kekinian untuk Kembangkan Bisnis, Inilah Manfaatnya

Jika kalian sedang merintis sebuah usaha atau bisnis maka silahkan mencoba strategi-strategi digital marketing di atas untuk menarik minat pasar. Selamat mencoba!