Kata ‘agro bisnis’ mungkin sudah sering Anda dengar. Agrobisnis dan agribisnis punya arti yang sama. Perbedaannya, agrobisnis adalah kata baku dari agribisnis. Ini adalah bisnis yang berdasar pada usaha pertanian ataupun usaha lain yang mendukungnya. Bisnis ini berfokus pada tumbuhan, hewan dan organisme lainnya. Banyak sekali peluang bisnis agrobisnis yang bisa dilakukan.

Semakin berjalannya waktu, bisnis seperti ini nyatanya banyak menarik perhatian masyarakat dan mereka pun konsisten untuk menjalankan usahanya. Tujuan dari menjalankan agro bisnis adalah untuk mendukung pertanian, mulai sektor hulu sampai hilir. Artinya, yang utama dalam bidang ini adalah rantai sektor pangan atau food supply chain. Dengan kata lain, agrobisnis merupakan cara pandang ekonomi dalam usaha menyediakan pangan.

Nah, ada empat fungsi utama dari agrobisnis atau agribisnis ini yaitu sebagai kegiatan pengadaan dan juga penyaluran sarana produksi, sebagai kegiatan produksi primer (budidaya), sebagai pengolahan (agroindustri) dan sebagai pemasaran.

Baca Juga : Pasti Laris! 12 Ide Bisnis Makanan Kekinian

Berikut beberapa peluang usaha agro bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh Anda semua.

Peluang-Peluang Usaha Agro Bisnis

1. Hidroponik

Salah satu jenis agrobisnis, Hidroponic

Mencari lahan yang tepat untuk bercocok tanam mungkin bukan suatu hal yang mudah. Karena itulah, Anda bisa menjadikan hidroponik sebagai solusinya. Terutama bagi Anda yang berada di ibu kota, dan sulit menemukan lahan tanam, dan juga tanah.

Hidroponik adalah salah satu cara bercocok tanam yang mudah untuk dilakukan. Ini merupakan teknik bercocok tanam dengan sistem organik. Dengan membuat hidroponik, Anda bisa menghemat tempat dan juga dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang ada.

Bukan hanya itu saja, tanaman dari hasil hidroponik pun sudah banyak dicari orang, karena tanaman hidroponik cenderung hemat air untuk mencuci, aman karena tidak memakai pestisida dan juga higienis karena tidak menyentuh tanah ataupun terserang hama.

2. Budidaya buah-buahan

Budidaya Buah-buahan Peluang Agro bisnis yang bermanfaat

Anda bisa mendapatkan bibit buah-buahan dengan mudah dan juga dengan harga yang terjangkau. Anda bisa memulainya dengan buah jeruk, pisang ataupun buah naga. Bahkan ada juga jenis buah-buahan yang bisa Anda tanam dengan hidroponik, sehingga buah yang dihadirkan pun berkualitas organik.

3. Budidaya tanaman hias

Salah satu peluang usaha agro bisnis lainnya adalah budidaya tanaman hias yang banyak ragamnya. Tapi pastikan untuk menghindari membudidayakan beragam jenis tanaman hias, karena malah bisa membuat kualitas tanaman Anda jadi kurang maksimal.

Sebaiknya, pilih satu ataupun beberapa jenis variasi tanaman hias yang akan Anda budidayakan, yang banyak disukai masyarakat, lalu mulailah untuk fokus membudidayakannya. Anda harus pintar-pintar mengetahui tren pasar, yang tentunya akan berubah-ubah terus. Ini dilakukan agar usaha Anda bisa terus bertahan dan berjalan.

4. Menjual bunga potong

Bisnis satu ini tidak berbeda jauh dengan usaha tanaman hias. Yang membedakan adalah, bunga potong merupakan tanaman hias yang akarnya telah dipotong, dan umumnya ini digunakan untuk acara-acara tertentu, seperti buah tangan untuk orang tersayang, hadiah untuk pencapaian tertentu ataupun dalam skala besar seperti dekorasi pelaminan.

Karena ada banyaknya permintaan akan bunga potong ini, itulah mengapa usaha satu ini bisa jadi peluang yang menjanjikan untuk Anda tekuni.

5. Terarium

Sama halnya seperti hidroponik, terarium banyak digemari oleh mereka yang ingin memiliki tanaman, namun terkendala lahan yang tidak memungkinkan. Terarium ini juga merupakan salah satu sarana untuk bercocok tanam. Yang membedakan adalah terrarium bisa diletakkan dalam ruangan dengan wadah kaca yang cantik. Ukurannya pun tidak sebesar tanaman pada umumnya, dan bisa digunakan sebagai hiasan di meja.

Baca Juga : 10 Peluang Bisnis Rumahan Omzet Besar yang Cocok untuk Millenial

6. Jual beli bibit

Peluang usaha agro bisnis menjual bibit tanaman

Anda bisa mencoba untuk menjual bibit tanaman sayur, buah ataupun jenis pohon lainnya. Bisnis ini bisa Anda kelola sendiri di rumah. Anda pun bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dengan berjualan secara online, sehingga dapat menjangkau pembeli dengan lebih banyak dan lebih luas.

7. Tanaman Cangkok

Peluang usaha agro bisnis dengan menjual tanaman cangkok

Walaupun sedikit membutuhkan keahlian dan pengetahuan, usaha satu ini bisa jadi sangat menjajikan untuk ditekuni, lho. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Anda dapat membuat dan menjual tanaman cangkok yang dikembangkan dalam pot. Modal yang dikeluarkan juga tidak besar, namun untungnya terbilang menjanjikan.

Setelah mengetahui peluang-peluang agro bisnis yang bisa Anda coba, apakah Anda tertarik untuk memulainya? Pastikan Anda mencari tau terlebih dulu tentang segala hal tentang bisnis yang ingin Anda geluti. Lalu, jalankan bisnis atau usaha tersebut dengan tekun dan konsisten.