Usia muda merupakan momen di mana seseorang bisa memanfaatkan waktu untuk produktif. Kebanyakan aktivitas yang biasa dilakukan semisal belajar atau memperluas pergaulan. Selain itu, waktu muda juga menjadi saat yang tepat untuk memulai bisnis. Artinya bisnis tidak harus dimulai pada usia matang. Ada banyak jenis bisnis anak muda yang saat ini populer dan menjanjikan untung yang besar.

Menjalankan bisnis sejak usia muda memang bukan suatu hal yang selalu mudah. Meskipun belum ada tanggungjawab terhadap keluarga, bisnis di usia muda masih harus tetap menyesuaikan waktu dengan aktivitas lainnya seperti kuliah. Oleh karena itu, pastikan memilih ide bisnis untuk anak muda yang mudah dijalankan, sebisa mungkin minim modal dan fleksibel dalam hal waktu. Berikut adalah ide bisnis untuk anak muda yang memenuhi kriteria tersebut.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan Omzet Besar yang Cocok untuk Millenial

1. Toko Online

Toko online menjadi saran bisnis anak muda yang paling populer terutama di era digital seperti sekarang ini. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan generasi muda yang selalu berhubungan dengan teknologi. Daripada hanya menggunakan teknologi untuk kebutuhan konsumtif, akan jauh lebih produktif jika memanfaatkannya untuk memulai bisnis. Dalam hal ini, teknologi yang dimaksud adalah penggunaan perangkat komunikasi seperti ponsel pintar.

Berbeda dengan toko offline, toko online bisa dijalankan hanya dari ponsel yang terhubung dengan internet. Berbagai media sosial dan marketplace menjadi tempat yang tepat untuk memperkenalkan produk yang dijual. Dengan kata lain, kaum muda tidak harus memulai bisnis ini dengan modal besar. Bahkan tanpa modal sekalipun, bisnis toko online tetap menjanjikan untung besar mengingat saat ini lebih banyak orang suka berbelanja secara online.

2. Reseller atau Dropshiper

Ide bisnis anak muda yang kedua ini memiliki konsep yang hampir sama dengan poin pertama. Reseller dan dropshipper juga tetap memanfaatkan ponsel sebagai alat untuk mempromosikan barang dagangan. Bedanya, posisi reseller atau dropshipper tidak mengharuskan pelakunya untuk memiliki produk sendiri. Berjualan online dengan cara ini bisa dimulai dengan menjualkan produk orang lain dan mengambil keuntungan dari selisih harga.

Hampir semua jenis produk sehari-hari bisa dijual dengan sistem reseller atau dropshipper. Mulai dari produk fashion seperti pakaian dan aksesoris hingga produk makanan seperti camilan hingga makanan beku. Tidak sedikit juga produsen barang yang membuka lowongan sebagai reseller atau dropshipper dengan menawarkan untung yang lumayan besar. Generasi muda hanya tinggal pintar dalam membaca peluang untuk mencari produk yang permintaannya tinggi.

3. Affiliate Marketer

Masih berhubungan dengan dunia digital, bisnis anak muda yang satu ini juga menjanjikan untung yang besar. Jika reseller atau dropshipper menjualkan produk fisik, affiliate marketer lebih fokus pada produk digital. Jenis produk digital biasanya berupa pelatihan atau kelas online, webinar hingga berbagai jenis software. Affiliate marketer akan mendapatkan keuntungan dari komisi yang ditetapkan pemilik produk.

Menjalankan bisnis sebagai affiliate marketer terhitung cukup mudah. Seorang affiliate marketer hanya cukup mempromosikan produk digitalnya di berbagai platform. Biasanya promo akan dilengkapi dengan tautan. Pembeli yang berminat akan melakukan transaksi melalui tautan tersebut dan komisi akan otomatis diterima affiliate marketer. Bisnis ini sangat cocok dimulai sejak usia muda bahkan sambil kuliah.

4. Jasa Titip

Bisnis jastip alias jasa titip saat ini sedang populer di kalangan kaum muda. Peluang untungnya pun tergolong besar karena banyak orang membutuhkan jasa ini. Tak heran jika bisnis jasa titip menjadi salah satu ide bisnis anak muda yang paling direkomendasikan. Perlu diingat bahwa sistem jasa titip tidak sama seperti reseller atau dropshipper yang tidak hanya menyetok barang. Jasa titip justru membutuhkan modal yang cukup untuk memulainya.

Jasa titip biasanya membuka jasa penitipan pembelian barang dari produsen tertentu. Bisnis ini membantu pembeli yang mungkin tidak menjangkau produk tersebut karena alasan jarak yang terlalu jauh. Jasa titip juga sering disebut bisa meringankan pembeli tanpa harus membayar ongkos kirim yang terlalu mahal jika membeli sendiri. Barang yang sudah didapat bisa disalurkan ke pembeli secara langsung ataupun tetap melalui jalur online.

5. Jasa Pengetikan

Membuka jasa pengetikan bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan terlebih bagi mahasiswa. Sasaran dari bisnis ini juga dari kalangan mahasiswa itu sendiri yang mungkin tidak memiliki sarana pendukung maupun waktu luang untuk melakukan pekerjaan tersebut. Bisnis anak muda ini cocok dibuka di wilayah sekitar kampus atau pusat pendidikan lain seperti sekolah atau pesantren.

Bisnis jasa pengetikan bisa dimulai tanpa modal yang besar. Dengan alat pendukung berupa laptop atau komputer lengkap dengan mesin cetak, anak muda bisa memulai bisnis ini. Bisnis jasa pengetikan juga bisa dibarengi dengan bisnis lain, seperti usaha fotocopy atau jualan alat tulis. Semua itu merupakan kebutuhan rutin bagi mahasiswa dan anak sekolah, sehingga peluang untungnya akan terus berkelanjutan.

6. Coffee Shop

Membuka coffe shop atau kedai kopi juga menjadi ide bisnis anak muda yang cocok di kawasan dekat pusat pendidikan. Pasalnya saat ini minuman ringan seperti kopi dan sejenisnya sudah menjadi kebutuhan rutin anak muda. Selain untuk mengisi waktu luang, bersantai sambil minum kopi juga dipercaya bisa mengembalikan semangat. Tak heran jika coffe shop, kedai kopi atau kafe sekarang selalu dipenuhi kaum muda terutama pada jam-jam tertentu.

Usaha kedai kopi memang membutuhkan modal untuk memulainya. Namun jika modal yang dimiliki belum terlalu banyak, bisnis ini bisa dimulai dari yang paling sederhana. Misalnya dengan memanfaatkan tempat kosong dan mengisinya dengan tempat duduk beserta meja. Menu kopi yang disajikan juga bisa dari yang paling mudah dibuat. Pelayanan yang ramah dan harga terjangkau dijamin bisa membuat pengujung semakin betah.

7. Laundry

Bisnis laundry membuka peluang untung yang besar terutama jika dibuka di daerah padat penduduk. Bisnis ini menyediakan solusi bagi masyarakat dengan tingkat kesibukan tinggi dan lebih suka hal-hal yang praktis. Memulainya yang cukup mudah dan untungnya yang menjanjikan membuat bisnis laundry cocok sebagai bisnis anak muda. Bisnis laundry termasuk yang bisa bertahan lama karena mencuci pakaian merupakan kebutuhan rutin semua orang.

Kunci sukses dari bisnis laundry terletak pada layanannya. Tidak hanya layanan mencuci, laundry juga sebaiknya dilengkapi dengan layanan setrika. Selain itu, layanan antar jemput dipastikan akan sangat disukai pelanggan. Selebihnya hanya soal bagaimana cara promosi yang tepat sasaran. Lakukan promosi baik secara offline dengan brosur maupun secara online dengan memanfaatkan media sosial.

8. Jual Tanaman atau Binatang

Tanaman dan binatang saat ini termasuk hobi yang paling digemari. Keduanya bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Banyak tanaman hias yang sekarang sedang sangat diminati. Begitu juga dengan hewan peliharaan berbagai jenis yang sekarang menjadi hobi hits anak muda. Peluang di keduanya bisa menjadi ide bisnis yang cocok dijalankan anak muda. Apalagi jika sudah memiliki hobi di salah satu maupun keduanya, menjalankan bisnisnya akan semakin mudah.

Itulah ide bisnis anak muda yang sekarang sedang populer. Seiring berjalannya waktu, bisa saja tren tersebut surut. Namun yang terpenting adalah selalu mengikuti perubahan zaman untuk kemudian menyesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalankan.