Memulai ide bisnis makanan kekinian menjadi pilihan terbaik untuk dicoba. Karakter masyarakat Indonesia yang sangat suka jajan dan suka dengan sesuatu yang baru, bisa menjadi peluang. Salah satunya dengan jualan makanan kekinian. untuk bisnis bisa Anda coba untuk menghasilkan uang loh.

Beberapa jenis makanan unik dibawah ini mungkin bisa menjadi ide untuk memulai bisnis kuliner kekinian untuk Anda coba. Penasaran apa saja list bisnisnya? Cek langsung dibawah ini.

Baca Juga : 10 Peluang Bisnis Rumahan Omzet Besar yang Cocok untuk Millenial

Ide Bisnis Makanan Kekinian yang Pasti Laris

1. Frozen Food

Di awal masa pandemi ini, kita dilarang untuk keluar rumah selama beberapa bulan. Alhasil harus memutar otak untuk tetap bertahan lama di rumah dengan menu yang ada. Frozen food menjadi andalan karena bisa disimpan dalam waktu yang lama, jadi tidak perlu terlalu sering keluar rumah untuk sekedar membeli makanan. Para pedagang makanan pun, seperti toko dan restoran berlomba-lomba untuk menciptakan makanan beku atau frozen food. Yang biasanya Hanya nugget, kini banyak variasi makanan beku seperti Ayam Ungkep, Bakso, Mie Ayam, Beef Yakiniku dan Teriyaki, aneka dimsum dan menu olahan lainnya yang biasa ditemukan di restoran. Bisnis ini masih cukup memiliki peluang besar.

2. Mentai rice

Ide Bisnis Makanan Kekinian Mentai Rice
Peluang yang Menjanjikan untuk Bisnis Kuliner Mentai RiceĀ 

Mentai rice atau nasi mentai ini adalah satu porsi nasi, biasanya disajikan dalam wadah aluminum yang diberi saus mental dan topping lainnya. Saus mentai sendiri terbuat dari telur ikan yang diasinkan lalu dicampur dengan mayonnaise. Awalnya populer dengan topping ikan salmon yang dipanggang, namun sekarang mulai merambah topping yang lebih bervariatif seperti beef, aneka seafood dan ayam. Anda bisa menyesuaikannya sesuai pada lidah masyarakat Indonesia.

3. Rice Bowl

Menu Rice Bowl untuk Ide Bisnis
source: VenueMagz.com

Makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi, terdiri dari semangkuk nasi dengan aneka topping diatasnya. Topping mulai dari telur, ayam sampai daging. Umumnya rice bowl disajikan dengan lauk khas Jepang seperti beed teriyaki atau beef yakiniku, namun di Indonesia sendiri sudah mulai bervariasi dengan menambahkan cita rasa makanan khas berbagai daerah di Indonesia. Rice bowl sendiri juga menjadi bisnis makanan yang banyak diminati karena selain dengan cita rasanya, dalam hal pengemasan dapat dikatakan mudah karena tidak memerlukan banyak wadah. Ide bisnis makanan kekinian rice bowl, bisa dilakukan dari rumah tanpa membuka lapak loh.

4. Corndog

Ide Bisnis Makanan Kekinian Corndog
Source: Popbela.com

Ide bisnis kuliner selanjutnya bisa mencoba untuk membuka makanan kekinian Corndog. Cemilan satu ini sering disebut makanan khas Korea Selatan. Ternyata cemilan ini berasal dari Amerika Serikat lho, namun memang populer di Indonesia karena beberapa serial dari Korea Selatan. Dinamakan corndog karena dibuat dari sosis yang ditusuk dan dibalut dengan lapisan tepung jagung yang tebal lalu digoreng. Sekarang corndog tidak hanya diisi sosis, melainkan ada yang berisi keju mozarella, atau corndog rasa manis dengan balutan cokelat, matcha sampan varian rasa seperti taro, oreo dan blueberry.

5. Kopi Kekinian

Bisnis Kopi Kekinian yang Menjanjikan
Source: Tokopedia.com

Kopi sendiri memang bukan minuman kekinian, namun variasi dari minuman kopi ini yang semakin hari semakin beragam. Pasti Anda tidak asing lagi dengan banyaknya coffee shop yang baru-baru ini dibuka untuk tempat nongkrong. Kopi kekinian awalnya bermula dari campuran kopi dan gula aren. Semakin lama, varian seperti perpaduan kopi dengan keju, kopi dengan alpukat, kopi dengan oreo, bahkan kopi dengan red velvet sudah bukan hal yang asing lagi ya.

6. Topping Boba

Boba, Tren topping minuman kekinian
Source: Duniamasak.com

Ide bisnis makanan kekinian yang bisa Anda coba berikutnya minuman dengan topping boba. Boba awalnya hanya menjadi topping minuman manis seperti thai tea, milk tea dan aneka minuman manis lainnya. Namun ada sebuah terobosan baru mengenai topping boba ini. Saat ini boba tidak hanya ada dalam minuman manis, namun juga menjadi topping aneka makanan penutup seperti waffle, roti dan cake. Kadar gula dalam boba yang cukup banyak membuat kita tidak boleh terlalu banyak memakan boba. Walaupun enak, tetap harus jaga kesehatan ya.

7. Dessert Box

Dessert Box, Bisnis yang Beromzet Manis
Source: Makanabis.com

Cemilan atau makanan penutup ini memang banyak diminati orang Indonesia. Dessert box adalah makanan penutup yaitu cake, diletakkan didalam tempat makan (box) dengan aneka topping. Umumnya dessert diletakkan diatas piring atau wadah lainnya. Seiring berjalannya waktu, variasi dessert box semakin beragam. Anda bisa memvariasikan dessert box sesuai dengan pangsa pasar Anda. Beraneka ragam varian dessert box seperti cokelat, oreo, keju, tiramisu, regal, aneka berries dan matcha.

8. Salted Egg atau Telur Asin

Resep makanan Saus telur asin
Source: Asianfoodnetwork.com

Telur asin umumnya di konsumsi secara langsung oleh masyarakat Indonesia. Namun, sekarang banyak kudapan yang terbuat dari bahan dasar telur asin loh. Bahkan kini menu makanan campuran telur asin semakin banyak dan mudah ditemukan di restoran. Awalnya telur asin kurang banyak diminati, namun beberapa orang menciptakan rasa atau saus baru yang terbuat dari telur asin. Beberapa olahan makanan yang menggunakan saus telur asin seperti ayam saus telur asin, tahu telur asin dan aneka snack lainnya seperti pao, croissant dan cake. Anda bisa mencoba resep baru untuk menghasilkan kuliner berbeda dari apa yang sudah ada di pasaran.

9. Sate Taichan

Ide Bisnis Makanan Sate Taichan yang Pedas Abis
Source: Kumparan.com

Bagi yang suka makanan dengan rasa pedas, sate taichan harus banget dicoba. Sate taichan adalah olahan daging ayam yang ditusuk, sebelum sate dibakar, daging dibumbui lalu didiamkan agak lama agar bumbu meresap. Setelah dibakar, sate disajikan dengan nasi atau lontong dan dengan pilihan aneka sambal yang pedas.

Sekarang memang sudah ada cukup banyak yang membuka kedai sate taichan, tetapi banyak yang membuat sate taichan tidak ada bedanya dengan sate-sate lainnya. Cobalah untuk membuat sate taichan dengan variasi rasa maupun menu yang berbeda dengan yang sudah ada.

10. Gorengan Kekinian

Gorengan Kekinian
Source: Mommyasia.id

Pasti tidak asing lagi dengan cemilan satu ini yang banyak ditemui di pinggir jalan. Namun apa yang membedakan dengan gorengan pada umumnya? Gorengan kekinian memiliki ciri khas rasa dan tampilan yang berbeda. Contohnya untuk gorengan risoles, umumnya berisi bihun serta sayuran seperti wortel dan kentang, namun sekarang berisi mayonaise, irisan daging, keju mozarella atau sosis.

Lalu untuk bakwan sendiri, sekarang ada campuran isian seperti potongan daging ayam, udang, keju dan irisan daging ham. Dan terakhir untuk tahu, selain isian yang semakin bervariasi, tahu juga dibuat dan digoreng menjadi krispi. Anda bisa mencoba varian gorengan lainnya juga loh, semua pada

11. Croffle

Croffle
Source: Shoppee.com

Croffle atau Croissant Waffle adalah makanan yang dibuat dari adonan croissant yang dimasak dengan cetakan waffle. Umumnya dapat dinikmati dengan whipped cream dan madu, sekarang banyak berbagai topping dari mulai salted dan sweet. Untuk rasa salted Anda bisa menambahkan topping abon sampai dengan irisan daging ham yang dicampur dengan mayonisse dan saus tomato atau sambal. Untuk rasa manis, Anda bisa menambahkan topping seperti aneka selai dan keju.

12. Minuman Olahan Susu Fermentasi

Segarnya Ide Bisnis Makanan Kekinian Minuman Susu Fermentasi
Source: Rukita.id

Yang terakhir ada minuman yang dijamin buat Anda makin segar setelah meminumnya. Minuman susu fermentasi ini sangat diminati karena selain enak dan segar, minuman ini juga menyehatkan karena umumnya disajikan dengan buah leci, strawberry, lemon, kiwi dan aneka rasa lainnya seperti matcha dan masih banyak lagi.

Rasa segar dari minuman ini tentu sangat disukai oleh banyak orang. Anda bisa membuat ide bisnis makanan kekinian lainnya dengan minuman olahan susu fermentasi lainnya loh.

Nah, dari 11 makanan dan minuman diatas, mana yang kiranya cocok untuk Anda coba sebagai bisnis kekinian? Selain dengan penampilan dan rasanya yang unik, makanan dan minuman kekinian diatas bisa juga lho dibuat menjadi ide bisnis berkelanjutan. Anda bisa mencoba untuk membuatnya dan menghitung biaya yang dikeluarkan sebelum memulai bisnis. Dari lidah jadi Salah satu sumber penghasilan. Selamat mencoba! (LFRA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *