Memulai bisnis itu tidak harus selalu mengeluarkan modal yang banyak kok, bahkan caranya pun tidak sulit. Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, bisnis rumahan dengan modal sedikit dan hanya memanfaatkan internet, juga bisa jadi salah satu peluang usaha beromzet besar. Apalagi untuk para anak muda, yang ingin menambah penghasilannya, peluang bisnis rumahan ini bisa jadi pilihan, lho.

Untuk kamu yang sedang bingung mencari usaha rumahan yang menjanjikan di masa sekarang ini, terutama bagi para anak muda, Antijobless sudah memberikan daftar di bawah ini bisa membantumu menemukan ide bisnis yang bisa kamu coba.

1. Berjualan pulsa dan paket internet

Peluang Bisnis rumahan satu ini mungkin sudah lama ada, dan kenyataannya masih terus bertahan hingga saat ini. Nah, selama ponsel masih jadi salah satu barang ‘penting’ bagi banyak orang, pastinya usaha rumahan ini akan terus ada. Untuk memulai bisnis ini pun tidak butuh modal yang besar kok. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan juga paket internet.

2. Berjualan makanan dan camilan

Peluang Bisnis Rumahanyang Menjanjikan
Bisnis Kuliner menjadi bisnis yang menjanjikan

Soal perut, tidak perlu diperdebatkan lagi lah, ya. Usaha di bidang kuliner pastinya adalah peluang yang tidak boleh dilewatkan. Tapi, perlu diperhatikan juga untuk tetap melakukan riset pasar, sehingga kamu tau apa makanan yang saat ini sedang digemari banyak orang, dan bagaimana trik untuk menarik orang untuk membeli dan jadi pelanggan tetap.

Jangan lupa juga untuk tetap mengeksplor kemampuan agar rasa makanan dan camilan yang kamu jual jadi semakin lezat, ya! Kamu bisa memulai usaha ini dengan system pre-order, dan melakukan promosi di media sosial. Untuk awal-awal, juga boleh lho meminta pendapat dari orang terdekat perihal jenis makanan ataupun rasa dari makanan yang kamu akan jual.

3. Jasa laundry kiloan

Peluang Bisnis Laundry, bisnis kekinian yang menjanjikan
Peluang bisnis Laundry Kiloan

Orang-orang zaman sekarang ingin selalu yang serba praktis. Apalagi dengan padatnya kesibukan dan rutinitas harian mereka, seringkali pekerjaan rumah pun akhirnya malah tidak terselesaikan, seperti halnya mencuci baju. Nah, itu lah kenapa usaha seperti membuka jasa laundry kiloan ini bisa jadi peluang besar, lho. Cukup dengan berbekal lokasi yang tepat dan juga strategi pemasaran yang matang, bisnis rumahan ini pasti bisa berjalan sukses.

4. Menjadi dropshipper ataupun reseller

Peluang Bisnis Rumahan menjadi dropshipper & reseller
Dropshipper & reseller menjadi peluang yang menjanjikan untuk bisnis

Bisnis online satu ini bisa jadi salah satu peluang dengan modal kecil bahkan tanpa modal sekali pun. Kamu hanya butuh sebuah ponsel dan juga marketing yang baik. Jangan lupa juga memilih produk yang pasti disenangi banyak orang ya! Nah, dengan menjadi dropshipper, kamu akan bertindak sebagai ‘jembatan’ antara pembeli dan supplier barang.

Jadi, supplier akan mengirimkan barang langsung ke pembelimu, namun seolah-olah kamu lah yang menjadi penjual utama. Sedangkan reseller, berarti kamu akan jadi penentu harga penjualan dari barang yang kamu ambil dari pihak pertama. Nah, selisih harga barang antara harga yang kamu berikan dengan yang pihak pertama berikan, adalah sumber keuntunganmu. Jadi, pilih jadi dropshipper atau reseller?

5. Menjadi penulis lepas

Peluang usaha rumahan menjadi Penulis Lepas
Penulis Lepas merupakan peluang yang menjanjikan

Kalau kamu punya keahlian dan keinginan untuk menulis, menjadi penulis lepas boleh sekali untuk dicoba, lho. Ini bisa jadi peluang yang terbilang menarik, dengan berbekal tulisan yang kamu buat. Kamu bisa mencoba menulis ulasan produk, membuat script, ataupun menulis jenis artikel lainnya. Apalagi pekerjaan ini bisa kamu lakukan di mana saja, seperti saat kamu duduk-duduk di coffee shop, ataupun bisa melakukannya di rumah.

6. Budidaya ikan hias

peluang Bisnis rumahan jualan ikan hias
Bisnis Lagi Tren, Jual Ikan Hias

Tidak sedikit orang yang senang memelihara ikan hias. Nah, di situ lah peluang besar bisa kita manfaatkan. Terutama kamu yang juga senang memelihara ikan hias, bisa lho dijadikan ladang uang dengan cara membudidayakannya. Bila dijalani dengan serius, bisnis rumahan ini sangat menjanjikan.

Namun, pastikan kalau kamu sudah mempelajari cara-cara mengembang biakkan ikan hias dengan benar, dan pastinya paham tentang apa yang sedang banyak dicari orang. Jangan lupa juga untuk ikut komunitas ikan hias untuk memperluas lingkungan dan pastinya bisnismu.

7. Jasa desain grafis

Satu lagi bisnis rumahan yang mengandalkan keahlian yang kamu miliki, yaitu membuka jasa desain grafis. Bagi mereka yang ingin praktis, jasa ini tentu akan banyak dicari orang. Apalagi tidak semua orang memiliki keahlian ini. Kamu bisa memanfaatkan keahlian desain grafis yang kamu miliki untuk mendesain kaos, web/blog, animasi 3D ataupun desain logo, kartu nama, undangan, dan banner iklan.

8. Jasa cuci sepatu ataupun tas

Yang satu ini juga adalah bisnis yang ‘memanfaatkan’ keinginan orang untuk praktis. Karena rutinitas yang padat, orang mungkin akan mencari jasa cuci sepatu dan tas ini. Jenis usaha ini juga akhir-akhir ini sedang naik daun, karena kebutuhan orang-orang akan hal tersebut. Jadi, kamu bisa menawarkan bisnis jasa ini untuk mereka-mereka yang sibuk tapi tetap ingin kece dengan sepatu dan tas yang bersih.

9. Content creator

Membuat konten di media sosial ternyata jadi salah satu ide menarik untuk dijadikan sebuah ‘bisnis’. Tidak sedikit orang yang membuat konten menarik di media sosial sebagai mata pencahariannya. Karena memang di zaman digital ini, segala konten di media sosial bisa sangat menjanjikan, lho. Tapi pastikan, kalau konten yang kamu buat memiliki manfaat untuk orang lain, dan menarik, ya! Pergunakan kreativitas yang kamu miliki agar konten yang kamu buat bisa disukai banyak orang.

10. Jasa foto dan video

Untuk kamu yang punya keahlian memotret secara profesional, ini bisa kamu jadikan modal untuk memulai bisnis rumahan. Banyak orang yang bisa mengambil gambar dan juga merekam video, tapi tidak semua dari mereka bisa melakukan hal tersebut secara profesional. Jadi, itu adalah peluang kamu untuk memulai usaha ini. Kamu bisa memberikan jasa foto dan video untuk pernikahan, wisuda, pre-wedding­, dan lainnya. Mempunyai kamera sendiri dan juga pandai editing bisa jadi nilai tambah, lho.

Kira-kira yang mana nih peluang bisnis rumahan di atas yang menarik dan ingin sekali kamu coba?

Perlu diingat, untuk memulai usaha, sebaiknya semuanya dipikirkan dahulu secara matang. Seperti jenis usaha apa yang akan dilakukan, strategi marketing, riset pasar dan lainnya. Pastikan kalau memang apa yang ingin kamu mulai untuk dijadikan usaha adalah suatu hal yang memang diperlukan dan dekat dengan masyarakat. Dengan begitu, bisnismu jadi bisa lebih bertahan lama, dan tetap dibutuhkan orang sampai kapanpun.

Untuk kamu yang baru memulai bisnis, terutama para anak muda, jangan berhenti untuk mengeksplor segala hal, terutama yang berhubungan dengan bisnis yang kamu jalani. Ini diperlukan untuk mengembangkan bisnismu hingga menjadi besar, dan tentunya bertahan lama. Sekali pun ada rintangan Ketika menjalankan bisnis, jadikan hal tersebut sebagai pengalaman untuk menjaga bisnismu tetap berdiri. Cari solusi terbaik untuk mengatasi rintangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *