Pembayaran QR Code yang Semakin Digiatkan dan Diminati
January 17, 2018
Dampak Era Revolusi Industri 4.0, Bisa Kerja dari Rumah dan Dapat Uang
January 24, 2018

Terkuak! 3 Cara Jualan Online Agar Berhasil dan Bisa Cepat Mendapatkan Closing

Berjualan online menjadi pilihan banyak orang untuk memulai dalam belajar bisnis. Dimana bisnis online kini menjadi salah satu pilihan banyak masyarakat untuk berwirausaha. Bertumbuhnya marketplace di Indonesia, semakin memudahkan dalam berjualan online. Tetapi tidak banyak yang tahu bagaimana cara jualan online agar berhasil.

Banyak orang yang berkeinginan untuk melakukan bisnis online, namun tidak semua dari mereka mengetahui caranya. Bisnis online sama dengan bisnis pada umumnya, memerlukan strategi agar berhasil dan sukses. Membuat strategi pun bukanlah hal mudah, apa lagi jika Anda merupakan pemula.

Kendala lain tidak hanya persoalan strategi, tetapi penggunaan teknologi. Banyak sekali orang diluaran sana yang ingin membangun bisnis online, tetapi mereka gaptek alias gagap teknologi. Kalo sudah begini kan gawat. Gimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda orang yang gagap teknologi?

Sering sekali ditemukan orang-orang yang ingin memulai bisnis online adalah mereka yang gagap teknologi dan cukup sulit untuk belajar berjualan secara online yang mewajibkan menggunakan teknologi. Tetapi jika Anda memiliki keinginan kuat, hal tersebut tak perlu dikhawatirkan. Anda bisa belajar dengan serius dan tekun untuk menguasai berbagai teknologi dan tools yang digunakan dalam jualan online.

Kendala Jualan Online yang Sering Terjadi

Banyak sekali kendala yang sering ditemukan para pemula bisnis online, sebagian besar dari mereka mengalami berbagai hal yang sebenarnya sudah sering sekali dialami oleh para pebisnis online di awal-awal mereka berjualan secara online. Tetapi mereka yang sukses berjualan online adalah orang-orang yang tekun dan sabar. Ada beberapa kendala yang sering ditemukan, dua kendala ini sering sekali dialami oleh para penjual online pemula.

Asal Pasang Saja

Jualan online memang sangat mudah, dan mungkin gampang. Setelah selesai membaca artikel ini, Anda pun sudah bisa memasang produk jualan secara online. Baik itu melalui marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dan marketplace lainnya.

Ketika Anda akan memasang produk di marketplace, Anda harus ingat bahwa yang jualan di marketplace bukan hanya Anda. Tetapi banyak orang yang berjualan di tempat itu. Jadi Anda harus mengetahui strategi yang tepat untuk memasang iklan di marketplace, dan mengetahui cara jualan online agar berhasil.

Terlebih di marketplace, jika produk Anda tidak sesuai dengan kriteria mereka. Maka produk Anda bisa saja secara tiba-tiba di tutup atau dihapus sekalipun. Ataupun, jika Anda tidak sering maintenance produk Anda di marketplace, produk Anda tidak akan ada yang melihatnya.

Kendala lain yang sering dialami oleh pemilik toko online yang menjajakan produknya di marketplace, terkadang produk-produk yang baru tidak akan dilirik atau terlihat oleh para pencari produk. Hal inilah harus disesuaikan oleh pemilik toko, agar produk Anda bisa dilihat oleh banyak orang.

Untuk itu, berjualan di dunia maya tidak hanya sekedar memasang iklan di marketplace, tetapi Anda pun harus mempromosikannya ke media sosial milik Anda. Untuk itu Anda juga diwajibkan untuk memiliki sosial media khusus jualan online Anda.

Tidak Tahu Mau Jualan Apa

Selanjutnya, hal yang sering ditemukan oleh para pemula ketika ingin memulai usaha adalah tidak tahu mau jualan apa. Ini adalah kendala terbesar yang hingga saat ini sering ditemukan pada orang-orang yang ingin berjualan secara online.

cara jualan online

Jika Anda salah satu orang yang ingin memulai berjualan online, Anda harus memikirkan terlebih dahulu ingin jualan apa dan dengan menggunakan strategi seperti apa, agar barang dagangan yang Anda jual bisa laku dan menjadi produk incaran banyak orang. Sehingga Anda akan mengetahui cara jualan online agar berhasil dan sukses.

Agar Jualan Online Berhasil

Membangun Website

Tidak ada salahnya, ketika jualan online sudah siap dilaksanakan, Anda bisa membangun sebuah website. Meskipun website yang Anda buat masih cukup sederhana, hal tersebut tidak masalah. Karena, jika Anda membangun website sendiri Anda bisa berjualan secara bebas, karena Anda tidak perlu takut untuk memasang produk sebanyak mungkin.

Serta, ketika Anda memiliki toko online dengan website sendiri, website akan menjadi salah satu investasi jangka panjang yang bisa Anda miliki. Karena jika Anda hanya menumpang berjualan di marketplace tidak cukup, Anda harus memiliki toko online sendiri.

Membangun Media Sosial

Website saja tidak cukup, Anda harus membangun media sosial. Sebab ada website, tanpa media sosial seperti masakan tanpa garam. Akan hambar, dan tidak ada media promosi. Media sosial yang Anda bangun akan menjadi salah satu sarana promosi untuk memperkenalkan produk Anda dan mendapatkan traffic pada website yang Anda bangun.

Hal yang harus Anda ingat, media sosial sebagai tempat untuk membangun komunikasi dengan konsumen. Umumnya, konsumen sosial media akan bertanya mengenai produk melalui media sosial. Anda pun harus ingat, jangan menjadikan media sosial sebagai tempat jualan utama Anda. Karena tempat jualan Anda bukan di media sosial. Letakkan lah link website di media sosial Anda.

Sabar dan Konsisten

Bisnis online memerlukan kesabaran dan konsistensi dalam mengelolanya. Banyak orang yang hanya bertahan dalam satu minggu bahkan paling lama ia bertahan hanya dalam satu bulan. Padahal berbisnis online harus dijalankan secara sabar, karena terkadang hingga tiga bulan pertama Anda tidak mendapatkan seorang pembeli juga. Sehingga Anda harus lebih sabar, dan memasang melalui strategi-strategi yang baru agar barang dagangan Anda bisa tetap terjual meskipun dalam waktu yang cukup lama.

Saat menjalankan bisnis online, Anda harus terus bersabar dan konsisten dalam menjalankannya. Jangan mudah menyerah, karena konsumen bisnis online memiliki sikap yang heterogen, dan dari berbagai kalangan. Sehingga Anda harus bisa mengatasinya dengan baik. Dengan begitu, maka Anda bisa jualan online berhasil dan sukses tanpa banyak menemukan kendala. Selamat mencoba.

Dimanapun dan kapanpun

Iskandar Rumi
Iskandar Rumi
Mantan wartawan yang hijrah menjadi SEO writer & content writer