Ide Bisnis Malam Tahun baru
December 26, 2016
Setelah Fenomena ‘Om Telolet Om’ Akan Hadir Fenomena Ini
January 4, 2017

3 Langkah Membangun Brand Awareness Bisnis Ritel di Era Digital

Gambaran umum mengenai bisnis ritel saat ini berubah dari era – era sebelumnya. Perkembangan tersebut diakui cepat karena didukung dengan inovasi di berbagai bidang, salah satunya teknologi. Hal ini berimbas pula pada teknik marketing yang akan digunakan sebagai ujung tombak sebuah perusahaan.

Sebelumnya, pemilik bisnis ritel menggunakan pola transaksi konvensional dengan melakukan kunjungan ke toko, namun, dengan berkembangnya waktu, banyak dari mereka yang merambah dunia digital dan bergabung melalui e-commerce, maupun dalam skala kecil seperti online shop berbasis sosial media. Pendekatannya pun sedikit berbeda dengan offline store. Kira-kira apa yang harus anda siapkan untuk memasuki era digital dan membangun brand awareness? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1 Ketahui Pelanggan Anda

Saat membuka usaha, anda setidaknya tahu sedikit besar  gambaran mengenai karakter pembeli anda. Gali hal ini lebih dalam, ketahui keunikan mereka seperti kebiasaan saat memilih barang dan berbelanja, seberapa sering mereka melakukan transaksi pada toko anda, akses yang mereka gunakan saat melakukan transaksi, dan lain-lain.

Dengan mengetahui kebiasaan pelanggan anda, anda bisa membangun gambaran yang akurat tentang pelanggan anda, menemukan preferensi mereka, dan cara mereka berbelanja. Hal-hal tersebutlah yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan brand awareness, sekaligus menciptakan jalinan erat dengan pelanggan (customer relationship).

BACA JUGA !
[mkd_post_layout_four number_of_posts=”4″ column_number=”4″ category_id=”0″ author_id=”0″ title_tag=”h5″ display_date=”no” display_category=”no” display_pagination=”no” extra_class_name=”baca_juga” tag_slug=”Bisnis, Info, Marketing, Ritel, Tips”]

2 Pelajari Mengenai Branding yang Berpengaruh

Setelah anda mengenal seperti apa tipe pelanggan ada, langkah selanjutnya adalah dengan menciptakan branding yang tepat. Banyak pengusaha yang melupakan trik ini, padahal, branding yang kokoh berefek pada kembalinya konsumen untuk bertransaksi pada produk anda, sehingga profit meningkat. Usahakan agar brand anda menjadi pilihan pertama konsumen saat membutuhkan suatu barang atau jasa, salah satu caranya adalah dengan menciptakan image yang kokoh.

3 Mulai Ciptakan Marketing Campaign

Buat marketing campaign untuk membangun kesadaran masyarakat akan kehadiran produk anda. Rencanakan dengan matang iklan anda, salah satunya dengan menentukan konsep dan juga jenis media apa yang anda akan anda gunakan. Untuk meminimalis budget, anda bisa gunakan sosial media yang telah menjadi trend dan gunakan sistem endorsement agar produk anda menjangkau lebih banyak masyarakat. Usahakan agar tema iklan anda fresh dan berbeda dari iklan kompetitor, dengan cara mencari inspirasi sebanyak mungkin agar iklan anda dapat diterima oleh target market. Jangan lupa untuk mengevaluasi iklan setelah terpublikasi, berapa engagement yang didapat, dan sebagainya.

Agar campaign anda berjalan lancar, anda perlu matangkan dahulu sistem-sistem teknis yang dimiliki seperti sistem pembukuan perusahaan. Anda tidak ingin, kan, ketika pembeli sudah banyak datang dan melakukan transaksi, tapi sistem anda belum cukup matang untuk mengatur semuanya. Solusinya, gunakan aplikasi accounting bersifat online, seperti, Accurate Online. Kunjungi www.solusiUKM.com untuk tahu promo-promo yang sedang berlangsung.

 

mm
admin
Lorem Ipsum Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.